Pak Satpam kantor saya wajahnya tiba2 sumringah sambil menyerahkan setumpuk majalah kecil. “Foto bapak ada di situ” katanya sambil senyum2. Rupanya dia sudah mengintip isinya duluan. Nah ini dia yang saya tunggu, sebuah penerbitan media cetak tentang dunia kopi yang diberi judul “Mycoffeebook” terbitan sebuah perusahaan yang berkantor di Jakarta.  Mari kita lihat isinya.

Saya benar2 tidak tahu berapa banyak jumlah majalah atau media cetak yang mengkhusususkan isinya tentang dunia kopi. Boleh jadi nihil, kalaupun ada mungkin hanya dijadikan sebagai sisipan dalam sebuah artikel media food and beverage, atau sekedar liputan gaya hidup. Terbitnya majalah Mycoffeebook yang isinya tentang keragaman dunia kopi sungguh menggembirakan.  Isinya berkisar tentang liputan peralatan kopi, orang-orang yang berada di balik cafe sukses seperti Anomali dan Bengawan Solo Cafe, resep kopi, profil barista, dan anda harus memilikinya untuk mengetahui lebih bayak tentang isinya

Oh ya, pihak redaksi sudah meminta blog ini menjadi kontributor tetap dengan headline “Ngopi bersama Toni Wahid” 🙂 Di majalah ini saya bercerita tentang awal mula blog ini plus suka duka sebagai seorang coffee blogger yang berangkat dari kecintaan terhadap kopi Indonesia yang luar biasa nikmat dan beragamanya.

Banyak media cetak khususnya yang punya semangat di awal penerbitan dan berangkat dari sebuah idealisme yang ingin disampaikan melalui pesan2 dalam artikelnya kemudian perlahan meghilang dengan berbagai alasan. Saya sungguh berharap bahwa hal tersebut tidak terjadi pada penerbitan Mycoffeebook dan semoga media ini tetap hadir secara teratur untuk para pecinta kopi dimanapun mereka berada. Saat  ini Mycoffeebook bisa didapatkan secara cuma2 di beberapa cafe2 di Jakarta dan anda bisa menghubungi pihak redaksi untuk mendapatkannya dengan hanya mengganti ongkos kirim saja. Salam.

33 replies
  1. Lili Sumanti
    Lili Sumanti says:

    udah ngirim email ke alamat email diatas kok belum dapat jawaban yah???? 🙁

  2. kopimesin
    kopimesin says:

    Dulu saya pernah ngobrol sama Pak Toni, lama-lama Pak Toni akan jadi wartawan, gak tahunya sekarang terbukti sudah jadi kan… Selamat ya Pak Toni ulasannya selalu menarik.

  3. Andre
    Andre says:

    Salam kenal pak Toni…
    Saya sedang belajar membedakan jenis-jenis kopi dan cara membuatnya. Sekarang saya mempunyai koleksi coffee maker antara lain : Bialetti Brikka Pot, Vietnamese Drip, French Press dan Machine Coffee Maker dengan filter drip. Untuk coffee bean yang sampai sekarang sudah pernah saya coba : WARUNG TINGGI (Arabica Special & Rajabica), COFFEE TREE (Wild Cherry & Sumiyaki), CASWELL’S (Sumatra Lintong), TOKO WINA (Toraja, Arabika & Luak), JJ ROYAL (Toraja Arabica), EXCELSO (Kalosi Toraja & Arabika) dan AROMA KOPI BANDUNG (Arabika). Ternyata dengan menggunakan coffee maker yg berbeda (koleksi saya) rasa yang dihasilkan juga berbeda. Akhir-akhir ini saya lebih suka menggunakan bialetti karena ingin belajar membuat cappucino & cafe latte dengan menggunakan alat yang manual. Saya mencoba frothing milk dengan memakai microwave dan french press. Hasil buihnya lumayan bisa untuk membuat cappucino tetapi untuk membuat latte art agak susah.

    Apakah bapak punya saran untuk saya mencoba jenis kopi yang lain ? Apakah bapak mempunyai club untuk penikmat kopi dan bolehkah bergabung dan bagaimana caranya ?

    Terimakasih…. salam

  4. rudy
    rudy says:

    bagaimana cara mendapatkan majalah mycoffeebook? minta alamat redaksinya + harga bukunya. oh ya di indonesia ada sekolah mengenai kopi & barista da, kalau ada minta alamatnya dong?

  5. julian
    julian says:

    bgm caranya utk mendapatkan buku mycoffee secara terus menerus. apa hrs berlangganan dan kirim email kemana atau alamat lainnya atau juga kontak personnya. Tk

  6. Nunung Vassella
    Nunung Vassella says:

    Hallo mas toni, aku punya coffee corner di poins square lebak bulus, ingin sekali mau mendapetkan copynya tuh buku..gmn caranya yah???thanks

    Bisa dihubungi di email di atas.

  7. adrian
    adrian says:

    Mas Toni,ini blog tentang kopi yang bener bener bener bener KEREN!
    rapi,semuanya jelas dan pokoknya mantab banget.

    btw ada mailing listnya nggak ya?

    salut buat mas Toni

    *****(5 star) blog deh!

  8. dhodho
    dhodho says:

    wew,bagus banget tuh..
    semoga bisa meningkatkan citra kopi indonesia ya mas..! amin

    untuk coffeebook-nya,ongkos kirimnya berapa ?

    kalo bisa tlg banyakin pengetahuan2 buat bekal/pegangan seorang Barista..

    sukses slalu n terima kasih…

  9. Achmad sobari
    Achmad sobari says:

    Bang Toni Wahid,

    Thanks banyak atas beberapa hal yang kemarin,Rabu,23 Maret 2010.

    semoga tidak kapok habis coffeenya…..,
    sekali lagi , terima kasih

    Terima kasih pak Sobari, sudah berbagi ilmu tentang setting tekanan pompa, walau biji kopi jadi korban 😀

  10. Achmad sobari
    Achmad sobari says:

    Selamat, atas munculya, mycoffeebook.
    Semoga sukses di penghujung dan maju sampai dimasa mendatang………

    Sukses,

    Sobari caswells rancilio

  11. Kopi Beunta
    Kopi Beunta says:

    Kota Sukabumi termasuk masih awam terutama yang berkaitan espresso-based coffee, mudah2an majalah ini bisa membantu kami mengembangkan wawasannya di sini. salam 🙂

  12. andy winata
    andy winata says:

    mas.minta no phone radaksi nya donk.mungkin mau masukin iklan mesin kopi kami.thanks yach

  13. Dony Alfan
    Dony Alfan says:

    Wow, saya musti langganan ni majalah, biar tambah pinter soal kopi 😀 . Tapi distribusinya nyampe Solo nggak ya?

    Saya sudah usul supaya mereka buat PDF version supaya bisa didownload rame2 …

  14. BoykeW
    BoykeW says:

    Mas, uadah saya email ke “delivery@mycoffeebook.com” kayaknya nggak bisa masuk deh……

  15. Felipe Proue
    Felipe Proue says:

    I’m generally not the kind of person to post my opinion on people’s write ups, but for this article I simply had to do it. I’ve been digging in your website a lot recently and I am really impressed, I think you could really become the main opinions for your niche. Not sure what your schedule is like in life, but if you began devoting more time to writing here, I’d guess you would begin receiving a mass of traffic eventually. With affiliate stuff, it could emerge as a sweet second income stream. Just an idea to think about. Good luck!

  16. dendi
    dendi says:

    Mas tony, gimana nih caranya mau langganan?ga bisa kirim email nih.Ada no hp ato no kontak untuk langganan

  17. boy
    boy says:

    loh..itu foto om toni yang diambil ama satpam kantor bukan yaa? hahahha

    Lumayan Boy, foto andalan 😀

  18. cahyendra
    cahyendra says:

    mas tony, terima kasih sudah memberi begitu banyak informasi mengenai coffee, coffee, dan coffee…! saya jadi begitu mencintai dunia cairan hitam ini.
    selamat sudah menjadi kontributor di majalah mycoffeebook. semoga bisa selalu memberi informasi yang update tentang dunia kopi.

    Terima kasih juga Massudah mampir ke blog Cikopi. Enjoy your Java 🙂

  19. jewel
    jewel says:

    menarik sekali,

    bisa minta cp nya pak ? tertarik untuk order
    terimakasih

    Email nya sudah ada tuh kalau mau langganan.

  20. luvkatz
    luvkatz says:

    Mantaap 🙂 selamat ya Mas Toni, pasti saya baca. Semoga mycoffeebook bisa tetap exist dan menyebarkan ratjoen kopi hehehe

    Sip … ini blog emang jadi racun kenikmatan ya 😀

  21. Irawan
    Irawan says:

    wah, dunia perkopian di Indonesia makin asik aja nih. Boleh minta nomor redaksinya pak? buat dikirim ke Bandung 😀
    Trims sebelumnya….

    Satu lagi pengusaha muda di dunia kopi. Sip, nanti saya ke sana 🙂

Comments are closed.