Membeli aksesoris kopi seperti tamper atau distribution tools tak perlu jauh-jauh pesan hingga ke luar negri karena sudah ada beberapa perusahaan lokal yang memproduksinya dengan kualitas tak kalah bagus, malah mungkin lebih baik. Misalnya saja, salah satu merek lokal yang sudah banyak dikenal terutama di kalangan para Barista, “Someday Somehow” dari kota Bandung.

Andi Widjaja. Bila ditanya kapan punya kedai kopi sendiri, Andi Widjaja (35) selalu menjawab “someday, somehow” artinya belum tahu, tapi mungkin suatu saat dan jadilah frasa ini menjadi nama projek pembuat aksesoris Barista seperti tamper, handle porta filter dan distribution tool yang ia kerjakan hingga sekarang.

“Karena menurut saya, someday somehow itu sudah ada niat, ada tujuan yang ingin dicapai, cita-cita yang suatu saat pasti tercapai” ujar Andi, seorang Arsitek lulusan Universitas Parahyangan, Bandung tahun 2001.

Awalnya Untuk Mengirit. Sementara cafe nya masih belum terwujud selain untuk mengirit pengeluaran belanja kopi, di tahun 2012 ia mulai mengerjakan beberapa aksesoris kopi. Alat pertama yang ia buat adalah tamper ukuran 50mm untuk Rok Presso yang ia pasarkan tanpa banyak promosi dan laku keras. Kiprahnya tak lepas dari peran Eri Wibowo, pemilik Kedai Kopi Bara yang mendorongnya untuk terus mengembangkan Someday Somehow.  

Kualitas. Saya memperhatikan dengan seksama Adjustable Tamper dan Distribution Tool untuk keperluan mesin espresso komersial yang berukuran 58.5 mm. Keduanya merupakan beberapa produk hasil karya dari Someday Somehow yang tidak terasa sudah memasuki tahun ke-6 memasarkan produk aksesoris kopi mereka.

Kualitas ? untuk yang satu ini sudah tak perlu diperdebatkan, selain harus fungsional, Someday Somehow menerapkan standard tinggi dalam setiap produknya. Kayu pilihan khusus dipesan oleh Andi dari Jepara, sementara pengerjaan metal dikerjakan oleh pihak sub-cont dengan spesifikasi yang sudah ditentukan dengan presisi tinggi.

Bila saya yang sudah terbiasa memegang tamper dengan berat kurang dari setengah kilogram, maka memegang adjustable tamper buatan Someday Somehow akan terasa lebih mantap. Maklum berat totalnya 657 gram, sedangkan  distribution tool sedikit lebih ringan, tapi tetap lebih dari setengah kilogram (570 gram).

Mau Pesan ? Hingga sekarang, Someday Somehow tidak melakukan pengerjaan produk-produknya secara massal, jadi para pembeli harus bersabar untuk melakukan pemesanan dengan menggunakan sistem PO atau Purchase Order. Menurut Andi, paling cepat 1 hingga rentang 4 bulan pesanan sudah bisa diterima karena tergantung banyaknya item yang beli.

Dengan kisaran harga dari 800 ribuan untuk adjustable tamper hingga yang paling mahal, 1.5 juta untuk produk bejana dan plunger bagi yang ingin memodifikasi Rok Presso nya.

Produk lokal seperti Someday Somehow tentunya perlu didukung semata karena kualitas yang tak kalah bagus dengan buatan luar negeri, tapi juga harga yang kompetitif.

Instagram @somedaysomehowproject

* * *

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *