Satu grinder dengan 2 fungsi, espresso dan filter atau manual brewing, inilah K30 Twin 2.0 Hybrid yang akan dirilis Mahlkonig beberapa bulan mendatang. Bukan itu saja, grinder ini dilengkapi dengan fitur layar sentuh untuk memudahkan mengakses menunya. Saya berkesempatan mencoba grinder ini walau dalam waktu singkat yang dituangkan dalam tulisan kali ini.

Sebelumnya, perusahaan yang berpusat di kota pelabuhan, Hamburg, Jerman ini sudah mengeluarkan penggiling kopi seri K30 dengan bentuk yang sama, namun didesain untuk espresso sebagaimana foto di di atas.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna tanpa harus memiliki 2 grinder, Mahlkonig mengeluarkan seri terbaru K30 Twin 2.0. Hybrid yang sehingga pengguna tak perlu repot memiliki 2 alat giling kopi terpisah.

Spesifikasi : Berdaya listrik 1.650 watt, dan berat kosong sebesar 26 kg, grinder ini dilengkapi dengan disc atau burr berdiameter 65mm. Dengan kecepatan putar burr sebanyak 1.650 RPM, Hybrid diklaim bisa menggiling kopi dengan kecepatan 4 hingga 8 gram per detik (tergantung setting).

Layar Sentuh. Ini yang menarik ! Dengan fitur layar sentuh, pengguna grinder ini bisa mengakses beberapa menu yang terdapat pada K30 Twin 2.0. Hybrid terutama pengaturan waktu giling baik untuk espresso (kiri) maupun filter (kanan).

Dengan maksimal 30 detik waktu yang tersedia, dengan hanya mengatur slider, fitur ini tentu akan memudahkan pengguna untuk melakukan dosing kopi.

Setting. Sama dengan K30 Twin tipe khusus espresso, pengaturan kehalusan kopi bisa dilakukan dengan memutar switch agar burr bisa bergeser. Dilengkapi dengan angka, hingga lebih memudahkan untuk mengingat posisi terakhir atau memilih angka yang pas untuk setting grinder baik untuk espresso maupun untuk filter.

Lampu LED. Terdapat 4 lampu LED berwarna biru untuk menerangi portafilter atau cangkir stainless agar pengguna bisa melihat secara langsung ukuran kehalusan kopi saat grinder sedang beroperasi.

Buat para pembaca yang menginginkan 1 grinder dengan 2 fungsi sekaligus, K30 Twin 2.0 Hybrid diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Sebuah alat giling kopi dari perusahaan Mahlkonig yang sudah memiliki rekam jejak panjang dan dikenal dengan kualitas produk tak terbantahkan.

K30 Twin Hybrid akan resmi dijual pada kuartal awal tahun ini dan harga yang akan diumumkan kemudian oleh distributornya di Indonesia, PT Sukanda Djaya. Tunggu event selanjutnya dalam peluncuran resmi K30 Twin 2.0 Hybrid yang waktunya akan diumumkan kemudian.

 *  *  *

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *