Di awal tahun 2015 saya pernah mengulas Yama Silvertone, alat yang serupa dengan GINA dimana keduanya sama-sama menggunakan fitur “valve” atau tombol pengatur aliran air. Tapi Gina sudah melangkah ke tahap lebih lanjut dengan membenamkan perangkat bluetooth dan sebuah apps yang berisikan banyak fitur, salah satunya adalah petunjuk atau tata cara penggunaan 3 metode seduh. Mari kita lihat beberapa kelebihan piranti kopi terbaru ini.

Kualitas. Sulit untuk tidak menyukai Gina sejak membuka kemasannya yang dikirimkan oleh Otten Coffee untuk saya coba. Pertama, kualitas yang secara keseluruhan menggunakan material terpilih. Lihat saja bagaimana cone-nya yang terbuat dari keramik tebal yang salah satu tujuannya agar panas tetap terjaga.

Di bawahnya terdapat tombol putar berwarna tembaga untuk mengatur seberapa besar aliran air, juga dengan material baja yang solid dan mudah untuk diputar ke kiri untuk membuka atau kanan saat menutup. Demikian juga dengan bagian filter yang difungsikan untuk “cold drip”, serta decanter gelas dengan kapasitas 473 ml / 16 oz (batas pembuatan cold drip), dan 800 ml liter untuk batas maksimal (pour over/immersion).

Koneksi Bluetooth dan Timbangan Digital. Satu hal, penngguna alat ini sudah tidak perlu dipusingkan dengan keharusan memiliki timbangan digital terpisah. Gina sudah mengintegrasikan timbangan digital melalui apps yang terkoneksi dengan bluetooth hingga sangat memudahkan saat saya menggunakan Gina.

Selain itu, pembaca tinggal memilih metode seduh apa yang akan digunakan dan apps akan memberikan petunjuk cara seduh melalui rasio (air dan Kopi) yang dipilih serta berapa waktu yang direkomendasikan. Tentu saja tak ada sensor suhu air, sebuah fitur yang siapa tahu bisa diintegrasikan ke dalam alat ini.

Tiga Cara Seduh. Bagi yang lebih memilih cara seduh dengan membiarkan kopi berendam atau immersion seperti pada French Press, atau yang lebih menyukai pour over, hingga ingin kopi tanpa diseduh air panas dan dibiarkan menetes berjam-jam untuk cold drip, kesemuanya bisa diakomodasi oleh Gina.

Gina juga memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk memanfaatkan perangkat “valve” dan melakukan eksperimen dengan mengatur “flow rate” untuk penentuan durasi seduh yang diinginkan.

Tiga fungsi dalam 1 alat ditambah dengan seabrek fitur membuat saya tak ragu untuk merekomendasikan alat ini kepada pembaca. Cuma satu hal, terdapat perebedaan harga untu Gina yang dilengkapi dan tanpa bluetooth. Silakan cek langsung harga terbaru di Otten Coffee.

Jadi saya tak ragu untuk merekomendasikan alat ini buat pembaca yang mencari alat seduh serbaguna sekaligus untuk dipajang di bar kopi cafe Anda.

* * *

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *