FrancisFrancis : Mesin kopi tanpa Barista

Terlepas dari harga kapsul Illy yang dibanderol 12 ribuan per satuannya, mesin espresso FrancisFrancis X2 versi 1 ini punya banyak beberapa kelebihan buat para pebisnis yang tak ingin direpotkan dengan proses pembuatan kopi dari tangan seorang Barista. Hasil yang selalu konsisten dan bisa diperasikan oleh siapa saja dan tak harus dilengkapi dengan grinder membuat mesin kapsul menjadi pilihan gerai-gerai bakery, gelato, bar, hingga restoran. Salah satunya mesin espresso dengan sistem kapsul yang diproduksi oleh FrancisFrancis, anak perusahaan Illy yang didirikan sejak tahun1994.

FrancisFrancis X2. Berbalut baja stainless, X2 dari FrancisFrancis selalu menampilkan desain klasik yang bisa dilihat dari keseluruhan konstruksinya yang masih mempertahankan trah generasi awal mesin espresso. FrancisFrancis masih setia dengan model retro-nya sejak mesin ikonik tipe X1 yang berwarna merah Ferrari.

Walau hanya dipasok daya listrik 1.100 watt, mesin yang menggunakan boiler terpisah ini hanya memerlukan waktu sekitar 2 menit untuk siap digunakan. Kapasitas tangki yang 5 liter cukup untuk 100 espresso dengan tekanan pompa 15 bar.

Lebarnya yang hanya 52 cm tentu tak terlalu besar untuk duduk manis di belakang bar, apalagi mesin ini tak perlu penggiling kopi karena menggunakan sistem kapsul.

Manometer. Hanya menunjukan suhu air pada boiler dengan kelipatan 20 hingga 80. mesin sudah siap digunakan bila jarum penunjuk sudah mencapai lambang cangkir.

Kapsul Illy. Berisikan 6.7 bubuk kopi (15 gram berat dengan kapsul) dalam kemasan slinder  plastik yang proses ekstraksinya disebut dengan “hyperinfuses” dan telah dipatenkan oleh Illy.

Portafilter. Berdiameter 35mm, terbuat dari stainless dengan pegangan plastik yang berat totalnya 350 gram.

Steam. Untuk urusan steam susu, mesin X2 agak sedikit kedodoran dengan tenaga sembur yang kurang kuat sehingga hasilnya kurang maksimal. Tapi tak usah khawatir karena menurut pihat distributor, PT Bahana Genta Viktory, mesin ini sudah disempurnakan untuk urusan steam pada versi terbarunya, walau saya belu pernah mencobanya.

Menggunakan FrancisFrancis. Mudah, itu saja komentar pertama saya karena mesin ini tak perlu perlakuan khusus sebagaimana mesin espresso pada umumnya. Tinggal masukan kapsul pada porta dan tekan tombol “brewing” maka kopi pun langsung tersaji dalam hitungan kurang dari 1 menit.

Tentu hasilnya tak bisa disamakan dengan tangan terampil para Barista, tapi juga tak bisa dikatakan di bawah standard berkat sistem hyperinfuses Illy. Dengan kata lain, kopi yang disajikan pada mesin ini sudah layak saji untuk khususnya untuk keperluan komersial

Kesimpulan. Tak perlu seorang Barista dan grinder kopi, karena siapapun bisa mengoperasikan mesin ini dengan hasil yang selalu konsisten. Jadi tak heran bila mesin dengan sistem kapsul seperti FrancisFrancis adalah jawaban bagi para pengusaha yang ingin menyajikan kopi serius tanpa harus mengeluarkan anggaran berlebih untuk mesin komersial, belum termasuk grinder beserta tenaga kerja terampil atau Barista.

Untuk para pelaku industri di bidang gerai gelato, bakery, restoran, hingga yang memeprlukan mesin kopi untuk kamar hotel, FrancisFrancis X2 saya rekomendasikan. Tapi bila ukurannya amsih terlalu besar, dan Anda hanya perlu mesin kecil, tipe X7.1 di bawah sudah bisa menjawab kebutuhan tersebut.

 *  *  *

Mesin ini saya pinjam dari PT Bahana Genta Viktory sebagai distributor tunggal Illy Coffee di Indonesia yang tautannya bisa Anda temukan pada banner di samping kanan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *