Chef Vania Wibisono (38) mendemonstrasikan bagaimana cara membuat poach egg pada oven Kolb Atollspeed seri 300H yang hanya memakan waktu kurang dari 1 menit. Vania cukup menekan tombol sentuh yang sudah terprogram dan sebuah poached egg sempurna sudah tersaji dalam waktu super singkat. Kehadiran saya tak untuk membahas oven pintar ini, tapi berbincang dengan seorang yang berprofesi Chef sekaligus juga pemilik coffee shop “Stillwater Coffee & Co” yang berlokasi jalan Gunawarman 76, Jakarta Selatan. 

Berpindah dari bidang Psikologi UI yang ia selesaikan hanya dalam waktu 3.5 tahun dan menyabet gelar Cum Laude, ia meminta ijin kedua orangtuanya untuk menggeluti dunia masak di salah satu program pendidikan kuliner di Santa Monica, Amerika.

Kini. wajahnya sudah tak asing lagi khususnya bagi pemirsa acara kuliner di layar kaca dengan spesialisasi makanan sehat. Untuk urusan yang satu ini Vania tak lelah mempromosikan pentingnya asupan dengan nutrisi seimbang termasuk kepada keluarganya.

Saat ditemui di Stillwater Coffee, Vania baru saja menyelesaikan aktivitas dengan salah satu produsen bumbu masak dengan seragam berwarna putih. Stillwater adalah projek terbarunya yang harus ia kerjakan dengan persiapan singkat selama 2 bulan dan baru saja beroperasi beberapa minggu terakhir ini.

Selain kopi, sajian menu saat ini terdiri dari sandwich, croissants, dan cake yang kesemuanya merupakan kreasi makanan sehat yang dibuat oleh Vania. Masih menggodok menu breakfast yang akan segera disajikan dalam waktu dekat. Tapi jangan dikira Vania tidak terlibat dengan menu kopi di Stillwater, karena sebagai salah penggemar minuman ini, ia berkepentingan untuk menyajikan kopi terbaik.

Jadi baru kali ini saya bertemu dengan seorang Chef yang bukan hanya piawai meracik makanan sehat, tapi juga tak canggung berbicara tentang varian dan rasa kopi. Kita tunggu rencananya untuk memunculkan menu baru dari alat “cold drip”.

Di atas saya menyinggung tentang sebuah oven komersial yang bukan saja serba bisa, tapi juga mendukung kecepatan sajian untuk pengunjung yang tak harus menunggu terlalu lama. Nah, Stillwater bukan hanya memilih alat terbaik untuk kopi seperti Astoria Sabrina, tapi juga tak ragu untuk menggunakan sebuah oven kelas high-end dari Kolb demi mendukung kecepatan saji tanpa mengubah rasa dan tekstur makanan.

Mungkin pada saatnya saya akan memperbanyak tulisan tetang peralatan pendukung untuk coffee shop sebagai salah satu bahan referensi dan pentingnya memilih peralatan yang tepat.

Tapi yang jelas bila Anda berkunjung ke Stilwater dan kebetulan bertemu dengan Vania, ia tentu akan dengan senang hati menjelaskan tentang makanan sehat dan kopi favoritnya.

 *  *  *

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *