Advertorial : Astoria Plus 4 You

Saat mesin ini dalam keadaan idle tapi masih mendapatkan pasokan listrik, sebuah perangkat di dalamnya akan memerintahkan mesin untuk memasuki  mode “hibernasi”. Dengan fitur ini listrik akan dihemat hingga 47% dan hanya memerlukan waktu 1 menit saja untuk kembali pulih seperti sedia kala dengan tenaga penuh sebesar 4.400 watt (2 group). Astoria Plus 4 You.

Tentang Astoria. Sebuah perusahaan yang berbasis di Italia dengan usia menjelang setengah abad sejak didirikan tahun 1969. Fasilitas produksi mesinnya membentang seluas 4.000 meter persegi, menjadikan Astoria sebagai salah satu pabrikan terbesar di Italia.

Produksinya terdiri dari mesin espresso automatis, lever atau piston, tradisional seperti Plus 4 You yang sedang Anda baca hingga tipe tertinggi Hybrid yang sayangnya tidak dihadirkan oleh distributornya di Indonesia, PT MFK.

Spesikasi Astoria Plus 4 You. Menggunakan boiler terpisah untuk keperluan steam (8 liter) maupun brew (1.1 liter), dengan opsi 2 hingga 4 group. Walau tak ada pengaturan untuk tekanan atau pressure untuk seduh atau group head, tapi Plus 4 You sudah dilengkapi dengan pengatur temperatur untuk suhu boiler, air panas, dan seduh atau brewing.

Khusus untuk stabilitas suhu, pabrikan mengklaim bahwa deviasi atau pergeseran suhu hanya berkisar 1 derajat (plus dan minus) sehingga realibilitasnya bisa diandalkan.

Layar Sentuh. Dilengkapi dengan capacitive touch screen atau layar sentuh untuk mengakses menu yang tersedia yang cukup responsif dengan satu sentuhan ringan. Di bagian ini pengguna antara lain bisa mengatur suhu penghangat cangkir, tekanan boiler, dan program dose. 

Menggunakan Astoria Plus 4 You. PT MFK memiliki fasilitas dapur modern yang sering digunakan untuk keperluan demo pengenalan produk-produk mereka yang berlokasi di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Di tempat inilah saya mencoba mesin Astoria Plus 4 You yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Sebagai informasi awal, kelistrikan di mesin ini menggunakan sistem 3 phase atau menggunakan 5 pin bukan 2 sebagaimana umumnya yang kita kenal. Jadi bila Anda berniat menggunakan mesin ini, siapkan instalasi khusus pada panel listrik yang tersedia.

Selanjutnya bila urusan listrik sudah selesai, tinggal menyambung selang ke air bersih dan satu lagi untuk buangan air kotor. Praktisnya, pompa sudah diletakan di dalam bagian mesin jadi lebih menghemat tempat tanpa harus meletakannya secara terpisah seperti pada beberapa merek mesin espresso lainnya.

Hanya kurang dari 30 menit mesin sudah siap digunakan setelah pompa mendistribusikan air ke dalam boiler utama dan 2 boiler pada group head. Pertama kali tentu mencoba mengatur beberapa parameter pada tampilan menu yang tersedia. Dari mulai suhu seduh hingga tekanan boiler bisa langsung diatur dengan satu sentuhan jari. Tampilan menu juga mudah dipahami sehingga memudahkan pengguna untuk lebih jauh memaksimalkan fitur-fitur yang sudah tersedia pada mesin ini.

Selebihnya mesin yang dibekali dnegan dapur pacu berupa pasokan lsitrik sebesar 4.400 watt berfungsi tanpa cela walau secara desain masih berkiblat pada bentuk yang tradisional. Tentu fitur penghemat listrik yang sudah dipatenkan menjadai salah satu andalan mesin ini hingga pengguna diberi keleluasan untuk mengatur penggunaan daya listrik dalam yang lebih hemat,

Boleh jadi Astoria Plus 4 You yang dibanderol dengan harga 100 jutaan cocok dengan kebutuhan coffee shop Anda, sebuah mesin hasil produksi pabrikan dari sebuah namanya sudah malang melintang selama hampir setengah abad.

Keterangan lebih mendetail bisa didapatkan di kontak mereka yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk 114 Blok A No. 4, Jakarta, telepon (021) 626-8758

 *  *  *