Buhler Roastmaster 20 Versi Terbaru

Di akhir tahun 2014 saya pernah membuat liputan tentang mesin roasting Buhler Roastmaster 20 langsung di Application Center mereka, kawasan Alam Sutra, Tangerang. Sesuai dengan angka yang tertera, kapasitas mesin roasting ini bisa digunakan untuk 20 kg kopi tapi pengguna bisa mengoperasikannya minimal dengan jumlah 10 kg.

Walau masih dengan kapasitas yang sama, kini Buhler menambahkan beberapa fitur terbaru untuk menjawab permintaan para pengguna Roastmaster yang ternyata banyak datang dari kalangan penggiat kopi spesial

Tentang Buhler. Korporasi ini Banyak dikenal dengan mesin kelas industri untuk produk pengolahan makanan dari mulai coklat, gandum, beras, kacang, bahan kimia, optik, hingga tentu saja kopi.

Pusat operasi Buhler berada di Swiss, sedangkan kantor Buhler Indonesia beserta Application Center-nya berlokasi di kawasan Alam Sutra Tangerang. Dengan perjanjian, Anda bisa melihat Application Center mereka yang juga berfungsi sebagai ruang pamer sekaligus pelatihan bagi pengguna produk Buhler di Indonesia.

Roasmaster 20 – Variable Temperature. Tulisan saya tentang Roasmaster sebuah mesin roasting dengan memanfaatkan udara panas atau bahasa teknisnya disebut dengan convective heat transfer, beserta spesifikasi lengkapnya bisa Anda lihat kembali di tautan ini.

Tapi kini, mesin roasting kopi ini sudah ditambahkan beberapa fasilitas baru berupa pengaturan variable temperatur (bean atau biji kopi) sebanyak 10 tahapan yang berita bagusnya, bisa dilakukan pada saat proses roasting sedang berlangsung sebagaimana yang dijelaskan oleh Ervina, Buhler Technologist.  

Fitur lainnya, hampir sama dengan pengaturan suhu biji kopi, yakni tampilan persentase buangan udara panas selama proses roasting berlangsung yang juga dilakukan dengan 10 tahapan. Sebelumnya hal tersebut hanya bisa dilakukan dengan membuka tutup panel ventilasi secara manual.

Sedangkan untuk pengaturan suhu biji kopi, pada produk Roastmaster 20  atau versi pertama, suhu hanya bisa diatur pada 2 tahap, suhu terendah dan teringgi, itupun hanya bisa diaplikasikan pada saat sebelum mesin dioperasikan.

Tuntutan pengguna yang menginginkan sebuah produk mesin roasting dengan keleluasan pengaturan suhu selama proses roasting sedang berjalan berikut buangan udara panas kini sudah terjawab. Kesemua kendali sebagaimana pada versi sebelumnya dijalankan melalui modul PLC (Programmable Logic Controller) berupa panel kotak yang terpasang di samping mesin roasting.

Buhler merekomendasikan mesin ini bagi para pelaku bisnis kopi yang ingin meningkatkan produksi hingga 70 kg perjam atau sudah mulai menapak pada industri kecil.

Penjelasan teknis yang lebih detail bisa Anda dapatkan di  Buhler Application Center, Ruko Prominence, Alam Sutra, Tangerang, di nomor telepon (021) 29779392

* * *

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *