Advertorial : Java Brown Coffee

Dulu di Forum Jual Beli Kaskus, saya membeli alat seduh Vietnam Drip dari Chandra Kurnia dengan nama Sarang Kopi, maklum hingar bingar pour over masih belum terdengar dan alat ini menjadi andalan keseharian. Dengan dicampur susu, jadilah acara harian ngopi seolah naik kelas dari cara tubruk biasa walau perlu sedikit kesabaran menunggu kebaikan gaya gravitasi menurunkan air yang keluar secara perlahan. Kebahagian itu bisa menyeduh kopi tanpa ampas dan sesekali memperlihatkan alat ajaib ini kepada teman penyuka kopi. Di sini awal Chandra berpikir, bila Vietnam punya kultur kopi yang kuat dengan Vietnam Drip yang dinikmati di pelataran trotoar dengan meja dan kursi kecil, lalu apa ciri khas kopi Indonesia ? 

Bukan hanya negara nun jauh di Vietnam sana, tetangga terdekat Indonesia seperti Malaysia juga punya kekhasan budaya minum kopi sendiri yang ditularkan oleh Cina peranakan. Kopi Tiam adalah ikon yang tak terpisahkan dari Malaysia atau di negara Singapura saat aktivitas keseharian perlu direhatkan sejenak untuk secangkir kopi berserta penganan roti yang berlapis kaya.

Menyadari bahwa Indonesia pun memiliki budaya kumpul-kumpul sambil ngopi sejak dulu kala. Dan lalu Chandra mulai bertanya-tanya, apa kopi khas Indonesia yg bisa menjadi identitas bangsa indonesia? Bertahun-tahun Chandra memikirkannya.

Hingga akhirnya dari suatu perjalanan dia ke sebuah daerah di Jawa Tengah, dia menemukan sebuah kedai kopi tua lalu menikmati secangkir kopi susu gula aren di sana.

Dari situlah Chandra menemukan inspirasi yang menjadi jawaban untuk mewujudkan cita2nya menciptakan kopi kebanggaan indonesia, kopi identitas bangsa dalam bentuk sachet yang bisa dinikmati semua orang.

Kemudian lahirlah resep Brown Coffee, kopi susu gula aren kebanggaan Indonesia yang berasal dari tanah Jawa.

Diracik dari 100% varian kopi arabika, merupakan pilihan yang berpadu sempurna dengan susu dan sehatnya gula aren alami yang dikenal rendah kalori serta lebih aman untuk dikonsumsi, lahirlah sebuah karya anak bangsa, JAVA BROWN, Truly Indonesian Coffee!

Notes : Esprecielo Java Brown tersedia di gerai Indomaret seluruh Indonesia atau bisa didapatkan via online di Tokopedia — di Official Esprecielo Store.