Advertorial : Mesin Espresso Rocket R60V

Di hadapan para pembaca, saya tampilkan mesin espresso dengan desain klasik dan tentunya sudah tidak asing lagi dengan ciri khas group head E61. Inilah seri terbaru mesin espresso dari Rocket dengan tipe R60V yang pada model ini akhirnya pabrikan Italia ini sudah melengkapinya dengan pengatur tekanan atau yang biasa disebut dengan “pressure profiling”. Bukan itu saja, sebuah aplikasi yang tersambung dengan telepon berbasis Android atau IOS membuat kontrol terhadap mesin cukup dilakukan dengan satu sentuhan di layar ponsel Anda.

Kemasan. Mesin dalam keadaam masih disegel dikirim oleh PT Tritama Qualita Boga sebagai distributor Rocket di Indonesia. Selalu menyenangkan membongkar mesin yang belum pernah digunakan apalagi Rocket mengemasnya sedemikian rupa, super rapi sebagaimana yang bisa pembaca lihat pada artikel mesin espresso Rocket sebelumnya.

Desain dan Sepesifikasi. Rocket selalu konsisten mempertahankan desain khususnya untuk mesin 1 group dan bila dilihat dari jajaran modelnya, hampir tak terlihat perbedaan mencolok. Sama juga dengan model terbaru pada R60V ini tak jauh berbeda dengan tipe Evoluzione atau R58 yang pernah diulas pada artikel sebelumnya.

Masih mempertahankan group head E61 dan bila dilihat terdapat kesamaan spesifikasi dengan tipe R58 yang antara lain :

  1. Dual Boiler : 0.58 L untuk brew head, dan 1.7 L untuk steam boiler dan khusus pada model ini, Rocket menggunakan bahan stainless dan bukan tembaga seperti pada seri terdahulu.
  2. Berat kosong 29.5 kg atau hanya berbeda 0.5 kg lebih berat dibanding R58
  3. Daya listrik yang sama, 1.400 watt
  4. Bisa disambungkan dengan sumber air langsung atau menggunakan tangki internal yang berkapasitas 2.5 L.
  5. Menggunakan Rotary Pump, atau pompa yang biasa digunakan pada mesin kelas komersial
  6. Dilengkapi dengan dua manometer untuk indikator tekanan steam boiler dan service boiler (brewing)
  7. Menggunakan material stainless untuk keseluruhan body dengan dimensi 31 x 44 x 39 cm

Bila spesifikasinya hampir sama, lalu apa perbedaan yang menjadi nilai jual R60V? Tentu saja Pressure Profiling melalui pengaturan pada piranti Controller dan ponsel.

Pressure Profiling. Untuk pertama kali pihak pabrikan Rocket melengkapi mesin 1 group dengan pengaturan tekanan atau pressure pada brew head-nya. Sebuah piranti (Controller) yang bisa dipasangkan pada port dibagian panel sebelah kiri akan meregulasi beberapa parameter penting seperti suhu boiler, suhu air di group head, dan tentu saja maksimal 5 langkah pengaturan tekanan.

Misalnya seperti yang terlihat pada foto, saya menggunakan 3 langkah saja yakni 6 detik pertama di angka 4 bar, 18 detik berikutnya pada angka 9, dan terakhir turun ke 5 bar pada 6 detik terakhir untuk total 30 detik waktu brewing. Ini hanya sekedar contoh bagaimana pengguna bisa mengatur tekanan pada brew-head.  

Secara default, R60V sudah menyediakan 3 pilihan profile A, B, dan C dengan parameter yang berbeda dan bisa diubah secara langsung pada perangkat Controller, atau melalui applikasi di ponsel melalui koneksi wifi.

Aplikasi R60V. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini di Google dan App Store agar setting bisa dilakukan melalui telepon genggam. Applikasi cukup mudah digunakan dengan koneksi wifi yang cukup cepat tersambung. Beberapa menu dasar sebagaimana yang terlihat pada screen shot di atas dirasa sudah cukup intuitif, walau kadang beberapa bug yang membuat aplikasinya kadang tidak merespon cukup cepat.

Bug lain yang cukup mengganggu adalah pada saat pemilihan profile A, B, dan C yang gagal terkoneksi dengan perangkat Controller. Namun selebihnya, aplikasi ini cukup membantu untuk melakukan setting melalui ponsel tanpa harus menyentuh Controller.

Mode manual atau tanpa menggunakan Controller, cukup dengan mencabut alat ini setelah mematikan mesin dan R60V akan kembali ke setting pabrik dengan tekanan 9 bar di brew-head dan 1.2 bar pada steam boiler. 

Penutup. Menggunakan Rocket selalu menyenangkan, sebuah mesin dengan craftsmanship Italia kelas atas dari sebuah perusahaan yang sudah lama malang melintang di dunia manufaktur mesin espresso. Kualitas rancang bangun mesin-mesin dari Rocket dikenal dengan durabilitas yang tinggi dan walau berkapasitas voume boiler yang terbatas, bukan jadi halangan untuk dijadikan alat utama pada skala light commercial.  

Penambahan fitur Controller dan integrasi wifi pada mesin terutama untuk mengatur pressure profile pada mesin 1 group tentunya menjadi nilai tambah tersendiri walau harganya dibanderol lebih tinggi dibanding adiknya R58 atau seharga 52,6 juta.

Untuk informasi yang lebih mendetail, pembaca bisa menghubungi distributor mesin Rocket di Indonesia, PT Tritama Qualita Boga di nomor telepon (021) 386 8028.

 *  *  *