Bairro Alto : Air

Menurut Bairro Alto, penggagas produk Alto Air yang berasal dari Inggris, salah satu kelemahan produk penyaring kopi atau dripper yang banyak beredar adalah minimnya sirkulasi udara pada saat kopi sedang diseduh. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibuatlah penyaring kopi yang didesain tanpa memiliki dinding atau dibiarkan bolong di sana sini. Alto Air.

Terlepas bahwa menyeduh kopi dengan alat ini yang diklaim akan meningkatkan ekstraksi, Alto Air adalah produk yang atraktif bila dilihat dari keseluruhan desainnya. Beratnya hanya 70 gram dengan material dari stainless yang terdiri dari 2 bagian, bagian dasar atau tatakan dan kerucut tepat meletakan filter.

Memasangkan kedua bagian tidaklah sulit dan pada saat kedudukannya sudah pas, Air siap digunakan. Cuma sayangnya produk ini tidak bisa dilipat hingga lebih ringkas (collapsible) dan mudah dibawa kemana-mana.

Selain material stainless yang harganya 600 ribuan di Otten, Barrio menyediakan Air yang terbuat dari bahan tembaga dengan banderol 1 jutaan.

Untuk para pembaca yang ingin memiliki alat seduh berbeda dengan produk yang sudah banyak beredar, Alto Air sangatlah artistik.

 *  *  *

Catatan : Alat ini saya pinjam dari Otten Coffee, toko yang menyediakan seabrek peralatan kopi. 

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *