sinar1

Koper yang Anda lihat bukanlah “nuclear football” yang selalu dibawa oleh pengawal presiden Amerika, walau ukurannya tak berbeda jauh. Isinya berupa instrumen pengukur kadar air biji kopi berikut densitas atau kepadatan dalam satuan g/l (gram per liter). Di buat oleh Sinar Technology, sebuah perusahaan Inggris yang produknya seperti BeanPro 6070 akan diulas dalam artikel ini.

sinar5

Lele di Pasar. Itu perumpamaan yang dikemukakan oleh Christian Heryanto dari Froco mengenail pentingnya mengetahui berapa banyak kadar air dari biji kopi yang akan di roasting. Bila kita membeli ikan lele 1kg tapi sebagian isinya terdiri dari air maka pembeli akan dirugikan dengan jumlah lele yang beratnya tidak sesuai dengan pesanan.

Demikian juga dengan biji kopi yang bila kadar airnya tinggi dan akan menguap pada saat di roasting dan mengakibatkan beratnya jauh berkurang. Itu dari sisi ekonomisnya, belum lagi dari sisi roasting yang akan membutuhkan waktu lebih panjang untuk mengeluarkan air dari biji kopi.

Kadar Air 8-12.5%. Menurut standard perdagangan kopi internasional yang dikeluarkan oleh International Coffee Organization, menetapkan angka 8 hingga 12.5% sebagai angka ideal tingkat kadar air.

sinar3

Isi Koper dan Cara Penggunaan. Terdiri dari alat pengukur, partikel untuk kalibrasi ulang, penampung kopi sebelum dimasukan ke dalam alat, cangkir sampel, kabel data, dan buku petunjuk.

Alat ukur tak perlu disambungkan ke listrik karena cukup menggunakan 2 batere ukuran AA jadi lebih portabel manakala harus dibawa kemanapun.

Rumah Kopi Ranin di kota Bogor berbaik hati untuk membantu saya melakukan percobaan BeanPro 6070 dan menyediakan 10 sampel varian kopi yang akan dikur. Mereka baru saja beberapa bulan pindah ke lokasi yang sekarang ditempati : Jl. Kresna Raya No. 46, Indraprasta, Bogor.

ranin

Proses Pengukuran. BeanPro akan mengukur dua komponen penting yakni tingkat kadar air (H2O) atau moisture dan kepadatan (density) biji kopi dalam satuan gram per liter atau g/l. Satu komponen lain yang diukur adalah suhu biji kopi baik dalam skala C atau F.

Pertama, kopi dimasukan ke dalam cangkir sampel hingga rata permukaannya. Dengan bantuan sebuah penampung sementara agar nantinya kopi tak berhamburan, lalu biji kopi ditempatkan ke dalam isntrumen pengukur, ratakan kembali permukaannya.

Nyalakan alat dan tekan tombol “F4” yang hanya sekian detik Sinar BeanPro sudah menampilkan hasilnya pada display seperti contoh foto di bawah.

sinar7

Untuk Siapa Alat Ini ?. Eksportir, roaster, atau kelompok tani merupakan pasar yang menjadi target pengguna BeanPro 6070. Di Indonesia BeanPro 6070 dipasarkan oleh PT Nutraco Mesindotama untuk penjelasan lebih detail berikut harga.

 *  *  *  *

sinar6

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *