add

Bila saja Homer penulis Yunani kuno dalam karya epik nya, Iliad, menyitir tentang kopi mungkin ia akan menisbahkan hal yang sama tentang persepsi gender yang kini terjadi pada industri ini. Karena memang sudah saatnya kita berhenti mengindentikan industri kopi dengan maskulinitas, sebuah sexism yang dengan mudah dipatahkan dengan semakin banyaknya perempuan terjun ke dalam industri kopi, dari Barista, Roaster, dan bahkan pengelola sebuah coffee shop, sebagaimana halnya Dailydose Coffee & Eatery dan Popolo Coffee yang kebetulan keduanya berada di kota Bogor dan tentu saja dikelola oleh perempuan.

add1

Dailydose Coffee & Eatery adalah contoh dimana 3 saudara yang kesemuanya perempuan, Lia Safrana (33), Netta W. Safrana (27), dan Tracy Olivia Safrana (25) mengawali kelahiran coffee shop di kota Bogor sejak 3 tahun lalu. Saat itu lokasi yang mereka tempati tidak seramai sekarang yang dipenuhi oleh beragam cafe dan resto. 

Menempati ruangan 100 meter persegi yang terdiri dari dua lantai, Dailydose harus bekerja keras memperkenalkan beragam sajian kopi khususnya varian arabika kepada publik di kota Bogor. Berjalan dengan lancar ? Tentu saja tidak dan Netta mengenang bagaimana mereka harus “sabar” memberikan penjelasan kepada pengunjung cafe nya yang seringkali punya banyak pertanyaan.

Walau kopi lokal tetap menjadi sajian utama, mereka juga seringkali menghadirkan beberapa kopi dari luar terutama dari roastery di Australia. “Tapi pengunjung tetap menjadikan kopi lokal sebagai favorit utama dan akhir-akhir ini malah kopi manual brewing semakin meningkat penggemarnya’ ujar Netta.

add6

Netta menggarisbawahi bahwa pengalaman di lapangan seringkali jauh berbeda dengan apa yang sudah mereka dapatkan di kelas formal saat mempelajari cara menyeduh kopi. Misalnya bagaimana mereka harus menyesuaikan rasa kopi yang mereka seduh pas dengan selera pengunjung.

Terlepas dari itu semua, Dailydose Cofee & Eatery sudah mendobrak sebuah pakem kopi dalam konstruksi gender, karena feminitas juga ada di kopi, dan mereka tak canggung menyajikannya kepada Anda. Buka setiap hari dimana Anda bisa menikmati beragam kopi dari roaster yang sudah punya nama di Indonesia. (Selanjutnya Popolo Coffee)

 *   *  *

add5

add2

3 replies
  1. Bayu Wardoyo
    Bayu Wardoyo says:

    wah terima kasih untuk info yang berguna ini kang toni. jadi kalo pas ke bogor ada coffee shop yang bisa dikunjungi

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *