sc5

Khususnya di rumah, tidak semua orang menjadikan siphon sebagai kegiatan rutin untuk menyeduh kopi. Selain memerlukan burner khusus, siphon rentan pecah terutama saat dibersihkan sehingga sebagain orang menganggapnya kurang praktis untuk dilakukan sebagai sebuah ritual harian. Tapi baru-baru ini KitchenAId baru saja merilis produk terbarunya berupa Siphon Coffee Brewer yang merupakan hasil pengembangan dari alat siphon tradisional.

sc2

Desain & Spesifikasi. Siphon buatan Kitchen Aid di desain tanpa harus menggunakan pemanas dengan bahan bakar yang harus diisi ulang, tapi dengan menggunakan listrik dengan daya 1.400 watt. Mereka juga membuat ukurannya lebih besar yang bisa menampung hingga 8 cangkir atau total hampir 1.2 liter.

Filter stainless yang bisa dilepas agar mudah saat dibersihkan serta adanya magnet dikedua bagian berwing dan carafe agar tidak terdapat udara yang masuk untuk memaksimalkan tekanan. KitchenAid menyebutnya sebagai “Theatrical beauty and precision”.

Jadi hal yang paling mencolok adalah ukurannya yang lebih 3 kali lebih besar dari siphon yang biasa Anda lihat.

sc3

Mecoba Siphon KitchenAid. Pertama, KitchenAid mendesain alat ini minimal untuk menyeduh sebanyak 3 cangkir atau sekitar 450 ml. Jumlah yang tentunya sangat banyak bila digunakan untuk 1 orang saja. Andai saja ukurannya diperkecil hingga penggemar siphon tak perlu menyeduh sekaligus untuk 3 cangkir.

Saya sudah mencobanya untuk 8 cangkir sekaligus dan air sebanyak 1.2 liter sudah mulai mendidih dan naik ke bagian brewing hanya dalam waktu 2 menit saja. Maklum Siphon Brewer melahap daya listrik 1.400 watt, relatif tinggi untuk sebuah alat kopi.

sc8

Setelah tombol power dimatikan maka kopi di bagian brewer secara otomatis turun ke carafe dengan sedikit suara mendesis. Praktis hanya kurang dari 3 menit kopi sudah bisa disajikan, walau buat saya panasnya kopi terlalu tinggi dan harus menunggu beberapa saat agar bisa diminum.

sc6

Kesimpulan. Bila untuk menyajikan kopi dengan alat siphon dalam jumlah banyak, mungkin inilah siphon yang bisa digunakan. Tapi rasaya kurang raktis digunakan sehari-hari karena minimal kita harus membuat 3 cangkir sekaligus. Terakhir, bila tidak hati-hati, selalu ada resiko pecah yang biasanya sering terjadi saat dibersihkan.

Di Amazon harganya 2.5 juta, dan bila Anda berminat bisa menanyakan ketersedian alat ini ke distributor produk KitchenAid, PT Mega Sukses Jaya.

* * *

sc7

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *