Pilihan Alat Kopi Untuk Kantor

ofic

Namanya juga kantor, jadi saya seringkali menerima kedatangan tamu dan berbagai pelatihan yang kami adakan untuk para rekanan bisnis. Pilihan mesin kopi yang tepat tentu akan sangat membantu saat dalam waktu yang singkat harus menyajikan kopi kepada sejumlah tamu. Di bawah ini beberapa pertimbangan dan pilihan alat kopi untuk Anda sebagai panduan awal memilih alat yang seduh kopi yang sesuai.

Banyak faktor yang ternyata harus dijadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian sebuah alat untuk menyeduh kopi. Paling praktis tentu kopi siap saji yang cukup diseduh dengan air panas dari dispenser. Jika ini pilihannya, maka persoalannya selesai sampai di sini. Tapi jika ingin melihat alternatif lain, beberapa tips di bawah ini diharapkan bisa membantu pilihan yang tepat.

Anggaran, Tempat, Operator dan jumlah tamu. Hal yang harus digarisbawahi terlebih dahulu, bahwa tak semua kantor punya kemewahan dan anggaran untuk sekedar sebuah alat pembuat kopi. Kecuali Anda sendiri yang menjadi boss perusahaan tersebut dan berhak menentukan alat apa yang akan dibeli.

Sebelumnya siapkan area khusus untuk peralatan kopi yang akan digunakan, bisa diletakan di pantry atau di ruang rapat. Aroma kopi biasanya akan menyebar hingga ke tetangga kantor. Tapi pengalaman saya selama ini, tak pernah sekalipun mereka protes mencium wangi kopi yang sedang kami seduh.

Tentu harus ada yang mengoperasikan alat tersebut dan yang ketempuhan biasanya adalah para office boy yang harus diberikan kursus kilat mengenai tata caramenyeduh kopi. Bersyukurlah bila mereka sudah piawai meracik kopi karena sejak saat itu Anda bisa langsung menggunakan fitur voice command untuk secangkir kopi yang akan tersedia di meja.

Terakhir, berapa banyak tamu kantor yang biasanya datang? Atau bila kantor Anda sering mengadakan pelatihan dengan peserta lebih dari 10 orang, tentu harus menyiapkan alat yang berbeda dibanding deegan tamu 1-2 orang.

Coffee maker adalah alat pertama yang saya yakin terlintas di banyak pikiran pembaca karena alat inilah yang paling banyak saya temui di kantor. Tapi mari kita lihat beberapa pilihan lain yang mungkin bisa dijadikan patokan awal bagi yang perusahaan yang berniat memiliki beberapa alat kopi pilihan yang sudah saya kurasi.

kapsul

Kopi Kapsul. Klien penting layak mendapatkan sajian dari alat ini, selain paling praktis dan siapapun bisa mengoperasikannya. Tinggal nyalakan, tunggu 1-2 menit lalu masukan kapsul kopi ke dalam mesin dan secangkir kopi pun tersaji.

Merek favorit saya adalah Nespresso, namun sayang di Indonesia tak dijual, tapi digantikan oleh Dolce Gusto yang masih dikeluarkan oleh raksasa Nestle. Lihat ulasan Nespresso Pixie

Bila sistem kapsul tetap menjadi pilihan maka tak salah bila Illy Francis Francis X7 yang berdesain retro dan layak dijadikan pajangan di ruang rapat adalah pilihan yang tepat. Kemampuannya yang bisa menyiapkan kopi secara singkat menjadi alasan saya menyukai mesin ini. Sayang harga kopinya yang sekitar 10 ribu per saji, membuat Anda harus benar-benar menghitung anggaran kantor bila menjatuhkan pilihan ke kopi kapsul.

IMG_7115

Coffee Maker. Untuk alat yang satu ini tentu tak sulit memperolehnya di pasar swalayan dengan kisaran harga ratusan hingga jutaan rupiah. Siapkan alat ini bila kantor Anda sering kedatangan 3-8 orang. Silakan memilih merek yang disukai serta harga yang disetujui oleh atasan Anda dan jangan lupa siapkan filter kertas walau beberapa merek sudah tidak membutuhkan penyaring kopi.

Mau lebih high-end ? Ada 1 merek yang sudak diakreditasi oleh SCAA (Specialty Coffee Associaion of America) yang dijual di Indonesia yakni Bonavita 8 Cups Brewer walau saya tetap akan memilih Technivorm Moccamaster (sayang tidak dijual di sini) karena akurasi suhu, ekstraksi, dan berbagai kelebihan lainnya. Satu lagi, Kitchen Aid Pour Over Brewer yang juga saya rekomendasikan selain Wilfa yang memiliki desain terbaik dari Swedia.

Bean to Cup. Artinya mesin super otomatis yang sudah dilengkapi dengan alat giling di bagian dalamnya . Hanya tinggal menekan satu tombol beberapa sajian kopi sesuai dengan pilihan menu siap disajikan. Sangat praktis walau harganya minimal 10 jutaan ke atas. Saya tak punya rekemondasi khusus, tapi Jura, Krups, Delonghi, dan merek lainnya banyak menyediakan produk sejenis ini. Anda bisa membaca ulasan Delonghi Primadona Avant yang pernah saya publikasikan sebagai bahan rujukan awal.

saeco

Coffee Urn. Ini semacam dispenser kopi yang berupa boiler air panas dengan bubuk kopi di bagian atasnya. Untuk kantor yang sering mengadakan rapat atau pelatihan dengan jumlah peserta lebih dari 20 orang misalnya sangat cocok untuk menggunakan alat ini. Bravilor Bonamart satu-satunya coffee urn yang pernah saya tulis sebagai bahan referensi untuk siapapun yang menginginkan sajian kopi dalam jumlah besar.

kopi

Manual Brewing: Bagaimana dengan chemex, atau pour over ? Bukankah kita bisa sekalian mendemokan tata cara membuat kopi dengan alat-alat tersebut? Tentu tak masalah menggunakan alat seperti Chemex saat Anda bisa memamerkan ilmu karomah bidang pembuatan kopi di hadapan tamu Anda dan menjalin komunikasi yang dijamin lebih lancar dengan calon klien.

Selama tamunya hanya 1 atau 2 orang, alat seduh kopi tanpa listrik ini masih layak digunakan. Tapi saya tidak merekomendasikan menggunakan alat seduh manual bila tiba-tiba harus menyiapkan kopi untuk keperluan rapat lebih dari 10 orang. Jangan lupa untuk memberikan latihan khusus kepada para office boy agar mereka terampil menggunakan alat tersebut.

Bagaimana dengan mesin espresso komersial ? : Kantor tentu saja tak bisa disamakan dengan cafe, jadi pendapat saya buanglah jauh-jauh pikiran untuk memilih sebuah mesin espresso komersial yang harus dioperasikan oleh seorang Barista berpengalaman. Kecuali Anda sendiri yang akan bertanggung jawab memfungsikannya. Jangan lupa bahwa sebuah mesin espresso memerlukan cukup banyak peralatan pendukung lainnya terutama alat giling kopi khusus.

har

Perangkat dan Aksesoris lainnya. Kecuali untuk kopi kapsul dan bean to cup, sebuah grinder atau penggiling kopi tak lagi diperlukan. Tapi untuk coffee maker atau manual brewing, sangat dianjurkan untuk memiliki alat giling terpisah. Tak perlu membeli grinder mahal, untuk keperluan alat-alat di atas, dengan harga di bawah 2 juta Anda sudah bisa membeli sebuah grinder yang lebih dari cukup.

Pilihan yang bijaksana sesuai dengan banyak faktor di atas diharapkan dapat membantu Anda memilih alat yang tepat sembari sekalian meningkatkan citra kantornya.

 *  *  *

 

 

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *