cas2

Akhirnya negara penghasil kopi ini punya SCAA Campus (dulunya dikenal dengan nama SCAA Lab) setelah bulan Desember kemarin Caswells Coffee resmi di akreditasi dan berhak menyandang nama tersebut setelah melalui pemeriksaan dari pihak Specialty Coffee Association of America. Dengan lama persiapan 6 bulan, Caswells Coffee menambah jumlah kampus SCAA yang untuk kawasan Asia Tenggara hanya terdapat di negara Singapura (2) dan Thailand (1). 

cas3

Pathway Classes

Sebagai sebuah laboratorium ajar yang disertifikasi kini Caswells bisa menyelenggarakan 4 jenis kelas (Pathway Classes) dengan pengajar yang juga harus diakreditasi oleh SCAA yakni : kelas Barista, Roaster, Coffee Taster, dan satu lagi yang menarik, Pembeli Kopi atau Coffee Buyer. Namun saat ini Caswells baru saya menyediakan kelas Coffee Taster dan satu lagi yang akan menyusul, Barista.

Bagi pembaca yang belum mengenal Caswells, perusahaan ini sudah berdiri lebih dari satu dekade berdiri yang dulu berlokasi di kewasan Kemang, sebelum akhirnya menempati lahan seluas 2 ribu meter di jalan raya Ampera, Jakarta Selatan.

Selain sebagai SCAA Campus, Caswells lebih dulu dikenal sebagai pemasok kopi dan peralatan pendukungnya dan selalu membukakan pintunya bagi siapa saja yang tertarik untuk mengenal citarasa kopi dalam kegiatan cupping yang secara teratur mereka selenggarakan.

cas4

SCAA Campus di Caswells

Tidak kurang dari 21 persyaratan yang harus dipenuhi siapapun untuk bisa diakreditasi sebagai SCAA Campus. Misalnya Caswells harus menyediakan ruangan dengan ukuran tertentu yang dilengkapi dengan sistem ventilasi, pencahayaan, dan bebas dari polusi suara dan aroma yang kiranya mengganggu saat berlangsungnya kelas.

Selain itu, penyediaan peralatan ukur, grinder, sample roaster, berbagai kit/dokumen, poster, penyediaan air panas yang suhunya harus tetap stabil. Itu hanya sebagian kecil persiapan yang dilakukan oleh Caswells selama paruh waktu 6 bulan sebelum akhirnya berhasil menjadi kampus SCAA pertama di Indonesia.

Pre-Q

Ada program menarik yang ditawarkan oleh Caswells sebagai SCAA Campus yakni kelas Pre Q yang terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar mengevaluasi kopi. Program ini sebenarnya sebagai ajang persiapan bagi para peserta yang ingin mengikuti tes Q Grader.

Namun kelebihannya, selain pengajaran materi yang diujikan pada Q Grader, Caswells juga menambahkan beberapa materi lainnya agar peserta benar-benar siap saat mengikuti test untuk menjadi pencicip kopi bersertifikasi internasional.

cas5

Tapi menurut Mira dan Resi yang menjadi pengajar di kelas ini, tak semua peserta bermaksud untuk menjadi Q Grader. Malah hampir sepertiga peserta yang datang dari kalangan umum justru menjadikan program ini sebagai pembuka pengetahuan untuk lebih mengenal kopi dan mampu melakukan cupping sesuai dengan protokol, sekaligus mengidentifikasi karakter hingga menilai kualitas kopi.

Di tanggal 24 Januari nanti Caswell akan meresmikan lokasinya yang baru di Jl. Raya Ampera No. 9 sekaligus sebagai kampus SCAA pertama di Indonesia. Kegiatan akan diisi dengan Caswell’s Latte Art Smackdown bersama Caleb “Tiger” Cha, juara Latte Art dunia tahun 2015.

*  *  *  *

7 replies
  1. Dedy
    Dedy says:

    Luar biasa…akhirnya lahirlah kampus kopi pertama untuk memperdalam ilmu perkopian dengan lengkap sekali. Salut untuk Caswells. Thanks pak Toni sudah berbagi dengan liputan yg baik sekali..nitip salam buat dosen2 cantiknya..

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *