lunar1

Bila ada sebuah timbangan bisa bertahan terkena cipratan air dari mesin espresso yang suhunya di atas 90 derajat celsius dan masih berfungsi dengan normal, Lunar dari perusahaan Acaia jawabannya. Berbagai fitur menarik dibenamkan pada Lunar, sebuah penimbang berat digital yang kini seakan jadi piranti wajib bagi para Barista atau siapapun yang menginginkan presisi dan konsistensi. Perfect balance.

lunar2

ACAIA. Sejak pertama kali timbangan ini diproduksi secara komersial sekitar awal 2014, Acaia sudah membuat terobosan kreatif dengan menggabungkan sebuah aplikasi yang bisa terkoneksi langsung antara smartphone dengan timbangannya melalui jalur Bluetooth.

Pada awalnya Acaia diciptakan untuk mengakomodasi para penyeduh kopi tanpa mesin seperti chemex atau pour over sehingga mereka bisa mengaplikasikan template yang sudah tersedia pada aplikasi Acaia, atau bereksperimen sendiri.

Walau aplikasi memudahkan, tapi terus terang saja saya hampir tak pernah menggunakannya dan sudah cukup puas dengan fitur pengatur waktu dan berat yang sangat responsif. Anda bisa melihat tulisan saya tentang Acaia yang terbit September tahun lalu di sini.

Mengapa jarang digunakan aplikasinya ? ribet ! sambil melihat telepon genggam saya juga harus menuang air dalam waktu yang bersamaan pada saat mencoba dulu. Tapi itu saya, mungkin Anda punya pengalaman yang lebih menyenangkan.

Hingga sekarang Acaia tipe Black Pearl masih saya gunakan sehari-hari dan kali ini saya berkesempatan mencoba Lunar, produk yang dilansir beberapa bulan lalu yang bekerjasama dengan perusahaan mesin La Marzocco.

acaia2

Dimensi. Secara fisik bentuknya jauh lebih kecil atau kira-kira hanya 2/3 dari Black Pearl sayan, Acaia generasi pertama. Perbedaan yang mencolok lainnya adalah permukaannya yang matt atau tidak mengkilat dengan warna abu-abu tua.

Dari segi berat, Acaia Lunar hanya setengah berat dari Black Pearl hingga bentuknya yang kecil memungkinkan untuk ditempatkan pada drip tray mesin espresso, yang merupakan salah tujuan utama alat ini.

Kemasan. Di dalam kotaknya yang terbungkus rapi dengan busa pengaman berwarna hitam, terdapat dua halaman kertas yang berisikan petunjuk singkat, tapi sama sekali tidak menyinggung secara detail fitur andalan Lunar yang hanya bisa didapatkan secara on-line

acaia3

Lalu sebuah kabel USB untuk mengisi baterai lithium yang bisa disambungkan dengan charger handphone Anda. Kapasitas baterai bisa Anda lihat saat Lunar tersambung dengan aplikasinya.

Satu buah logam stainless berbentuk slinder untuk mengkalibrasi timbangan dengan berat 100 gram disertakan dalam kemasan. Barang kecil ini berharga untuk melihat apakah Lunar berfungsi normal terutama setelah sekian lama digunakan atau secara tak sengaja berendam di dalam air, seperti yang sudah saya lakukan. Sayangnya alat kalibrasi ini tak disertakan pada Acaia Black pearl saya.

Selanjutnya, alat utama, Lunar yang besarnya tak lebih dari kepalan tangan dengan lapisan pelinding yang terbuat dari silikon tahan panas.

acaia4

acaia6

Interface. Lunar sangat sensitif terhadap sentuhan dan seringkali alat ini langsung menyala saat terkena sentuhan sedikit saja. Tidak terdapat tombol yang terlihat menyembul keluar untuk memfungsikan Lunar hanya ikon on/off di sebelah kiri dan lambang “tare” di kanan.

Pemilihan fungsi utama dengan menekan tombol power selama beberapa saat untuk memperlihatkan lambang segitiga, kotak, dan droplet.

Bila sudah selesai digunakan, cukup ketuk dua kali di bagian “power” dan Lunar akan berhenti beroperasi.

lunar3

Fitur Utama – Droplet. Sebagaimana yang sudah saya sebutkan di atas, terdapat tiga lambang atau ikon utama yang bisa Anda pilih guna memaksimalkan fungsi Lunar. Pertama lambang “droplet” yang pada saat dipilih akan mendeteksi aliran air atau espresso dan langsung menimbang beratnya hingga kucuran terakhir.

Sebagai catatan, pilihan droplet tidak secara otomatis melakukan tare dan timer atau mengembalikan angka ke titik “0” yang harus Anda lakukan secara terpisah.

Droplet dan Kotak. Jadi bagaimana bila Anda ingin Lunar secara otomatis men-tare saat Anda meletakan cangkir di atasnya tanpa harus menyentuh tombol ? Kombinasikan dengan ikon “kotak” dan timer serta tare akan bekerja secara otomatis. Artinya saat espresso mulai terdeteksi, timbangan dan pengatur waktu secara bersamaan akan bekerja.

Menarik bukan ? Pilihan ini yang saya rekomendasikan untuk digunakan sehari-hari di cafe Anda karena lebih memudahkan pekerjaan para Barista tanpa harus menekan tombol tare dan timer setiap saat.

lunar4

Segitiga dan Kotak. Ada yang masih kurang, bagaimana bila saya ingin mengetahui juga total waktu termasuk pre-infusion ? Pilihan berikutnya adalah segita dan kotak dimana Lunar akan menghitung waktu keseluruhan termasuk pre infusion melalui timer-nya, sedangkan berat akan dihutung manakala espresso mulai menyentuh cangkir. Selanjutnya timer dan timbangan keduanya akan berhenti secara otomatis saat shot espresso sudah selesai.

Selain fungsi timbangan biasa, itulah ketiga fungsi utama yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan pada Acaia Lunar yang banderol harganya di atas tiga jutaan.

abuse

Jadi ? Saya sudah mencoba merendamnya kurang dari satu menit dan dibiarkan kering beberapa saat. hasilnya ? Acaia masih bisa berfungsi dengan normal walau sama sekali tak saya rekomendasikan untuk Anda coba.

Harganya memang tak murah untuk sebuah timbangan digital walau sudah bisa terkoneksi dengan aplikasi yang Anda bisa manfaatkan untuk melakukan banyak percobaan dalam menemukan “perfect balance” istilah yang saya pinjam dari Acaia.

Tapi bila Anda memerlukan ketiga fungsi yang sudah saya jelaskan di atas, Lunar adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan. Tentu, bila Anda tak berkeberatan mengeluarkan anggaran 3 juta lebih untuk sebuah alat penimbang berat dan pengatur waktu. Tapi untuk sementara saya masih setia menggunakan Acaia generasi awal, lebih dari cukup untuk keperluan sehari-hari.

 *  *  *

Catatan : Anda bisa mendapatkan alat ini di Otten Coffee, sebagaimana alat yang saya pinjam untuk keperluan penulisan artikel ini.

3 replies
  1. YanSP
    YanSP says:

    Salam kenal Pak Toni,
    Ulasan yg sangat menarik, saya sudah cukup ngebet dengan produk tersebut untungnya ada alternatif yg lebih ekonomis Brewista memang tidak se hi-hitech Pearl tapi secara overalls sesuai dengan kebutuhan yg saya gunaan dalam manual brew.

    Salam,
    YanSP

    Reply
  2. Sutrisno-Maktal Coffee Bar
    Sutrisno-Maktal Coffee Bar says:

    Best digital scale so far..berhubung udah ada hario digital,jadi memanfaatkan yang ada deh..hehehe

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *