33

Dulu anjing tetangga jenis Dachshund sering mampir ke rumah dan langsung mengiba dengan sorotan matanya yang menghipnotis untuk dibuatkan secangkir kopi yang dicampur dengan susu. Setelah menghabiskan semangkuk latte ia akan tenang merebahkan badannya sambil mengibaskan ekornya berjaga di pintu. Walau tanpa suguhan kopi, dalam waktu tertentu dan dengan jumlah anjing yang jauh lebih banyak para pemilik anjing bisa berkumpul bersama dalam acara Coffee & Dog di Thirty Three Brew yang usianya menjelang satu tahun di bulan Desember yang akan datang.

33a

Menurut Tyo Tanaka (34), pemilik sekaligus penyayang anjing, acara Coffee & Dog sesekali diadakan di tempatnya dalam waktu yang tidak ditentukan. Walau demikian sudah dua kali acara ini diadakan dan jumlah peserta terbanyak adalah 30 ekor anjing yang berpartisipasi dalam acara rutin yang bisa Anda ikuti di akun instagram mereka @thirthy3brew dengan hashtag #coffeeNdog.

Sementara Golden Retriever-nya Tyo tak henti mengendus saya, bersebelahan dengan Thirty Three Brew adalah sebuah lounge yang dikenal dengan nama “Matchbox Too” yang namanya sudah dikenal sejak empat tahun lalu. Selama ini, tempat yang juga dikelola oleh Tyo, hanya menyuguhkan kopi instan untuk para pengunjungnya.

33d

Tapi menurut Tyo, semakin lama pengunjung mulai bawel dan ingin sesuatu yang lain dengan rasa kopinya. Jadilah ruangan yang semula disewa oleh sebuah toko Distro dari Bandung disulap keberadaaanya menjadi Thirty Three Brew yang namanya merupakan lokasi di Jalan Jawa No. 33.

Ruangan sebesar ruko kini sudah dilengkapi dengan mesin espresso komersial dan beragam kopi baik dalam maupun luar yang sebagian dibawa oleh rekan-rekannya yang biasa berkumpul di tempat ini. Jadilah manual brew kopi Colombia dari Coffee Smith Jakarta dibuatkan oleh Christian dari Sebenza Coffee yang sering mangkal di sini bersama rekannya yang lain.

thir2

Sebagai seorang desainer interior yang banyak merancang bangunan komersial, Tyo belum punya rencana mengubah tempat ini, walau saya pernah melihat sentuhan tangan dinginnya di salah satu coffee shop kota Surabaya.

Walau belum membuka pintunya bagi pengunjung yang membawa anjing pada hari-hari biasa seperti di Turning Point, tapi saya selalu mendukung akses apapun yang tersedia disediakan untuk mahluk yang selalu mengalahkan saya dengan pandangan matanya yang menghiba.

Tentu saja Coffee & Dog, ajang pertemuan bagi para pecinta anjing sekaligus pemiliknya yang gemar kopi dan Thirty Three Brew menyediakan fasilitas itu pada waktu yang mereka tentukan. Oh ya, sesekali bolehlah, bintang kesayangan Anda ikut mencicipi sesendok cappuccino atau latte 🙂

 *  *  *

33c

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *