Cafflano

kaffh

Dari sebuah projek di Kick Starter, kreator Cafflano, Justin Ahn yang berkebangsaan Korea akhirnya mampu mewujudkan empat kelengkapan alat seduh kopi 4 in 1 yang terdiri dari drip kettle, grinder, basket filter, serta tumblr yang tingginya sekitar 20cm dan berat total hampir 1/5 kilogram. Untuk para penyenang gadget kopi dan suka plesir, Cafflano kiranya cocok dilirik sebagai teman di sepanjang perjalanan.

kaf2

caff8

Sekilas saja bisa terlihat jika Cafflano dibuat dengan kualitas tidak asal-asalan atau intinya ini adalah produk yang sangat baik dari sisi fabrikasi, terlebih fungsi.

Di bagian teratas, penutup tumblr yang bisa difungsikan sebagai drip kettle dengan satu lubang kecil untuk keluaran air. Kapasitas maksimalnya sampai batas keluaran air adalah 250 ml, lebih dari cukup untuk secangkir kopi favorit Anda.

kaff3

cafflano-2

caff7

Bagian kedua adalah sebuah grinder manual yang tentunya harus digerakan cara memutar. Pisaunya menggunakan bahan keramik dengan mata pisau sistem conical. Handle untuk memutar burr bisa dilipat saat tidak digunakan serta dibuka manakala pengguna ingin mengatur kehalusan kopi. Caranya dengan memutar baut kecil di bawah handle, semakin ke bawah bubuk kopi akan semakin halus, demikian pula sebaliknya.

Di bagian selanjutnya, filter basket sebagai penyaring ampas kopi dengan lubang miksroskopik dan terakhir adalah tumblr itu sendiri.

Di bagian lain, lingkaran pipih berwarna merah yang terpasang di bagian drip kettle bisa digunakan untuk menutup tumblr, walau sayangnya tak bisa mengunci sama sekali.

Kesemua bagian mempunyai ulir tersendiri sehingga masing-masing bisa mengunci secara rapat pada alat ini tidak digunakan.

cafflano4

caff9

Menggunakan Kafflano tentunya menyenangkan, terutama grinder manualnya yang berfungsi tanpa cela termasuk dalam hal pengaturan halus-kasar kopi yang akan diseduh. Hasil giling bisa Anda lihat pada foto di atas yang secara sekilas menunjukan kualitas burr keramik conical yang terpasang pada Cafflano.

Selanjutnya, tinggal masukan air panas pada drip kettle ala Cafflano hingga maksimal di bawah lubang kecil dan tuang perlahan untuk secangkir kopi dari sebuah alat yang menyatukan empat fungsi menjadi satu. Cafflano.

*  *  *

caff10

kaff4

cafflano

Alat ini dijual di Otten Coffee dengan harga 1.3 jutaan.

11 replies
  1. Putra
    Putra says:

    Selamat siang

    Pak Toni saya mau tanya, apakah bapak ada rekomendasi untuk takaran kopi+air saat menyeduh kopi menggunakan Cafflano ini??

    Terima kasih

    Reply
  2. adi
    adi says:

    Dapat pinjaman alat ini, dan mulai bermain main sejak minggu lalu. Alat seduh yang biasa saya bawa-bawa kalau pergi adalah aeropress, hario slimmo, pemanas air koil ala jamaah haji, dan gelas plastik tahan panas yang saya beli dari daisho.

    Cafflano menurut saya keren secara disain, ringkes buat dibawa bawa, serta praktis. Yang kurang dari kit saya tinggal si pemanas air. Namun ada beberapa hal yang saya kurang suka, yaitu betapa tidak ergonomiknya grinder bila dibandingkan dengan Hario Slimmo. Menggiling 1 gelas saja sudah pegal apalagi bila didaulat menyeduh buat rapat kecil di sebuah hotel.

    Saya dengan mudah mendapatkan karakter rasa yang manis dengan alat ini, namun hingga saat ini masih memiliki kendala mendapatkan seduhan yang kuat di aciditynya. beberapa site menganjurkan penggunaan filter kertas, namun entak kenapa setiap kali saya menggunakan filter V60 hasilnya sering kali robek

    Dengan menggunakan filter yang disediakan, tingkat kekasaran gilingan harus diatur di tingkat menegah ke kasar agar seduhan selesai tidak terlalu lama (Dibawah 3 menit), namun ketika menggunakan tingat kekasaran tersebut, perbedaan tingkat kekasaran gilingan mulai cukup terasa (saya rasa karena itu hasil seduhannya cenderung manis dengan persepsi kekentalan yang baik)

    Saya masih akan bermain-main dengan alat ini ke depan, apabila ada yang menarik akan saya tambahkan disini

    Reply
  3. rico
    rico says:

    hallo all..
    bagi yg sudah beli cafflano..
    mohon info dan sarannya donk..
    di youtube ada review yg bilang ada kesalahan design di grindernya.
    jadi selalu coarse ketika di setting di fine.
    jadi bikin ragu2 utk beli..
    apa ada yg ngalamin juga?

    Reply
    • Basuki Song
      Basuki Song says:

      Saya sudah memakai beberapa hari, tidak ada masalah dengan grindernya, dan yg dari youtube udah diganti ama cafflano korea, karena emang kebetulan punya dia dapat cacat produk, cuma memang konsistensi sangat tergantung dengan putaran yang kita lakukan, saran saya:
      1. putar dengan kecepatan konsisten,
      2. jangan berhenti memutar sebelum biji habis
      3. santai saja yang penting tetap memutar, ingat kopi nikmat perlu waktu
      jika anda ada pertanyaan lagi bisa hubungi saya di email 12albert84@gmail.com

      Reply
  4. Gilar Jodi
    Gilar Jodi says:

    wah, akhirnya jadi juga ya..
    kayaknya pas pertama ane liat di kickstarter bentuknya kyk tumbler yg sporty-sporty gitu..
    jadinya malah elegan gini, biar enak dipandang pas dibawa ngantor kali ya..

    Reply
  5. Pandhu
    Pandhu says:

    Wah… Saya baru baca reviewnya setelah saya beli via online di otten td siang.. Sempat bingung harus beli portex grinder atau sekalian cafflano.. Thanks buat reviewnya.. Tinggal tunggu barangnya datang dan lgsg coba..

    Reply
  6. Muhamad Slamet
    Muhamad Slamet says:

    Pak Toni: Salam kenal. Terima kasih reviewnya, sangat membantu saya dalam memutuskan untuk membeli alat ini. Saat ini saya sedang menunggu si Hitam Manis Cafflano merapat ke rumah saya. Salam

    Reply
  7. chocon
    chocon says:

    Pertama kali banget liat ini alat langsung penasaran, sebagai orang yang baru kenal yang namanya cara menikmati kopi yang seharusnya, saya senang sekali coba2 alat2 kopi manual.sementara ini Di rumah sekarang
    ada Aeropress, Hario V60, Kono, mokapot, Handpresso pun ada.
    Yang membuat saya penasaran tapi ragu adalah kualitas si grindernya, kok penampilan nya gak meyakinkan. akhirnya ni barang masuk jg di Otten Coffee. Tapi masi belum juga ada review yg cukup meyakinkan saya.

    Sampai kemarin kebetulan saya menghadiri suatu expo di ShenZhen,Cina dan disitu ada Cafflano booth. Akhirnya saya bisa coba2 sendiri, sayangnya waktu itu mereka tidak jualan, hanya utk demo saja. Bagian grinder nya ternyata superb, jauh deh dr penampilan handle nya yg kalo difoto seperti rapuh.

    Dan begitu pulang saya langsung order deh.
    viola! 1 red Cafflano to go please.

    Untuk pencinta kopi yang sering travel, asyik banget ni alat.
    Wajib punya! Dan ini bukan pesan sponsor. Meskipun ga nolak jika ada yg mau sponsorin.
    Semoga jangan cepet2 keluar versi barunya deh, soalnya pasti bakal beli juga!

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *