bb12

Dari sekedar bertukar pesan tentang niat saya untuk menulis sebuah artikel tentang penyangga tempat kopi di sepeda, akhirnya Zamzam dan saya bersepakat untuk mengadakan acara Bikes & Beans. Sebuah event yang hanya dipersiapkan kurang dari satu minggu dan dikemas untuk mengumpulkan komunitas sepeda sekaligus penikmat kopi untuk  mengayuh pedal ke dua coffee shop yang terdekat. Bikes & Beans !

bb10

Saya menaruh rasa hormat kepada para pengguna sepeda di kota sebengis Jakarta terutama yang secara rutin menggunakannya sebagai moda trasnportasi ke tempat kerja. Mereka adalah sekolompok orang yang kata mantan wapres Al Gore orang yang sudah melihat sesuatu di balik horizon dan dengan suakrela melakukan upaya yang bisa mereka lakukan.

Jadi terlepas dari sedikit atau banyaknya penikmat kopi di antara para peserta kemarin, kegiatan Bikes & Beans adalah sedikit upaya untuk turut mempopulerkan penggunaan sepeda, baik sebagai pengantar ke tempat kerja atau tujuan rekreasi di akhir pekan.

bb2

Kami memperkirakan peserta dalam kisan yang tak terlalu banyak dengan angka moderat 20 hingga 25 orang, tapi pada hari pelaksanaan terkumpul lebih dari 4o orang yang hadir dengan perlengkapan sepedanya masing-masing.

Walau peserta didominasi oleh pengguna sepeda lipat (folding bike) dari merek Brompton, Tikit, Alex Moulton, dan terlihat juga Strida.  Hadir juga pengguna sepeda dengan genre turing, sepeda gunung, dan fixie bike, dan satu pengguna sepeda tandem.

bb3

Rute bermula dari pelataran Getback Coffee di ITC Fatwamati, menyusuri jalan RS Fatmawati, Panglima Polim, Trunojoyo, Wolter Monginsidi, Gunawarman, Senopati, dan memasuki areal SCBD untuk selanjutnya sampai di tujuan pertama, Blumchen Coffee.

Setelah beristirahat sejenak sambil menunggu peserta yang menikmati kopi di tempat ini, tak lama kemudian perjalanan dilanjutkan menuju coffee shop kedua, Tanamera dan secara resmi acara berakhir di tempat ini.

bb4

Itu saja laporan singkat acara dadakan yang diselenggarakan hari Minggu kemarin yang bekerjasama dengan Getback Coffee sebagai salah satu pusat tempat berkumpulnya para penggemar sepeda.

Acara sepeda lain sedang kami siapkan dan kemungkinan besar tidak akan diadakan di Jakarta.

*  *  *

bb7

bb8

bb15

bb14

bb16

bb5

4 replies
  1. Romel
    Romel says:

    Sesekali coba deh om TW ikut komunitas sepeda Federal, di situ akan sangat terasa bahwa pesepeda tidak akan lepas dari kopi. Apalagi ada seorang barista om Ijar Karim yang selalu bawa peralatan tempurnya 🙂

  2. Luhut Napitupulu
    Luhut Napitupulu says:

    Menyesal karena tidak bisa ikutan, mudah2an ada event seperti ini lagi dari Cikopi dan Getback caffe supaya bisa ikutan, kerjasama dengan komunitas persepeda yang juga penggemar kopi, seperti komunitas sepeda Dungdung dan komunitas sepeda lain nya. Bravo Cikopi dan Getback dan Dungdung!! 😀

Comments are closed.