walkure1

Fungsinya sama, menyaring kopi agar ampasnya terpisah, tapi Bayreuth yang diproduksi oleh tangan artisan dari Walküre Porzellanfabrik di Jerman, menurut saya adalah salah satu desain produk kopi terbaik setelah Chemex dari negara yang sama. Material Bayreuth bukan kaca atau keramik, tapi porselen dan sekali lagi, cantik !

walkure

Bayreuth terdiri dari dua ukuran yaitu 350 dan 700ml, dan yang sedang Anda lihat adalah ukuran terkecil dengan berat 1.5 kilogram. Terbungkus rapi dengan kemasan yang dikonstruksikan agar Beyreuth yang terbuat dari poselen ini tak akan berubah posisinya. Ditambah dengan butiran busa agar Bayreuth tetap aman dari goncangan.

Untuk alat sekecil Bayreuth yang tinggi keseluruhannya mencapai 35cm beratnya tidaklah ringan, tapi desainernya, Daniel Eltner, sudah memperhitungkan sis ergonomisnya sehingga porcelen ini tak licin untuk dipegang.

walk2

Memfungsikan Bayreuth hanya menuang kopi pada filternya dan memasang penutup yang mempunyai lubang kecil disekeliling lingkrannya agar air keluar secara merata saat saturasi terjadi. Tentunya Anda bisa menghangatkan dulu bagian bawah dengan air panas agar suhu tak cepat turun sebelum menggunakan alat penyeduh ini.

Tanpa harus menggunakan kertas, kopi yang sudah digiling sedikit lebih kasar dibanding untuk pour over, maka tugas selanjutnya adalah menuang air panas. Di luar asumsi saya, air tak mengalir dengan deras, tapi justru sebaliknya, dan secara perlahan mulai memasahi kopi yang berada di bagian bawah.

Total waktu yang dihabiskan hanya sekitar tiga menit dan kopi siap disajikan. Jadilah rasa kopi yang lebih light di banding dengan french press,  tapi tidak se-clean pour over dan buat saya itu cukup ideal.

walk3

Produk ini baru saya temukan di Otten Coffee, Medan, yang sudah berbaik hati meminjamkan alat ini untuk saya tulis di sini.

*  *  *

walk4

walk9

walk5

walk6

walk7

walk10

walk11

5 replies
  1. banu , Semar Coffee brew shop
    banu , Semar Coffee brew shop says:

    kami jual walkure Bayreuther Coffee machine, seperti yang diulas di forum ini. jika ada rekan – rekan ada yang berminat / ingin bertanya – tanya monggo menghubungi kami di 081391255140 ( SMS fast Respons ) / WA: 085879168178 . bbm : 7E7A2212 | Banu Sidharta

    untuk pembelian kami menggunakan sistem open PO , karena kami mengimpor langsung dari German , homebase kami ada di Solo & Yogyakarta.

    salam

    Banu, Semar Coffee brew shop

    Reply
  2. hanihanito
    hanihanito says:

    soo, technically speaking, this is just a vietnam drip but with porcelain from germany? :)) tapi tetep penasaran sama hasil seduhnya sih

    Seperti V60 tanpa menggunakan filter, mungkin itu tepatnya.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *