ca1

Bila timbangan digital Tanita atau Hario VST 2000 yang biasa digunakan sehari-hari punya perasaan, rasanya mereka berdua akan  iri hati dengan kemampuan Acaia yang dibekali seabreg fitur. Sebuah projek yang dirintis di Kickstarter akhirnya mulai dipasarkan ke seantero jagat kopi termasuk di Indonesia yang bisa Anda peroleh di beberapa toko on-line. Sejauh mana kemampuan Acaia yang besarnya hampir mendekati Mac Mini  ?

ac9

Desain

Sebuah aplikasi dengan nama yang sama sudah tersedia dan siap dipasangkan pada perangkat telepon pintar yang menggunakan sistem operasi iOS maupun Android. Saya mengunduhnya dari Apple Store tanpa harus melakukan pembayaran.  Jadi Acaia bisa difungsikan tanpa harus menekan dua tombol yang terdapat pada permukaannya. Setidaknya itu yang pertama harus dilakukan bila Anda membeli perangkat ini. Sebelum lebih jauh membahas fiturnya, seperti biasa kita akan melihat dari faktor rancang bangunnya.

Dari sisi desain Acaia hanyalah sebuah kotak dengan lapisan acrylic bening yang membungkus bagian dalamnya. Ada beragam warna yang ditawarkan, tapi warna putih sepertinya yang hanya tersedia di para penjual.

Permukaan yang halus tanpa ada sudut tajam dengan ukuran 15.5 cm di keempat bagiannya. Sedangkan tingginya 2.5 cm di luar lapisan atau cushion berwana hitam dari bahan silikon di bagian bawah yang tebalnya hanya beberapa milimeter. Berta keseluruhan 500 gram, ringan tentunya untuk dibawa kemana-mana.

Sebuah baterai lithium terpasang di bagian dalam dan sayangnya sampai saat ini tidak disarankan untuk dibuka oleh pembuatnya karena bisa merusak lapisan silikon.

Untuk mengisi kembali baterai-nya, tinggal sambungkan adaptor ke listrik melalui lubang pin. Kapasitas beban maksimum adalah 3 kilogram dengan presisi satu desimal dan sensitif terhadap perubahan beban hingga 1/10 gram.

ac5

 

Menggunakan Acaia

Tanpa didampingi kitab sebagai pendamping untuk menggunakan Acaia, saya agak terbata-bata mencoba menekan dua tombol di bagian kiri dan kanan. Tombol “power” di bagian kiri cukup ditekan dengan sentuhan halus dan Acaia langsung menyapa dan siap digunakan.

Ada tiga mode yang bisa digunakan bila kita tak ingin menggunakan aplikasi yang terdapat dalam telepon genggam pintar. Pertama, mode timbangan saja, kedua pengatur waktu, dan terkahir gabungan antara waktu dan timbangan. Cara perpindahan mode satu dan lain hanya dengan menekan tombol “power” disebelah kanan sedikit lebih lama hingga bunyi “beep” terdengar.

ac3

 

Aplikasi “Acaia Coffee”

Juga kita bisa memanfaatkan fungsi Acaia semata sebagai timbangan digital dengan memanfaatkan aplikasinya sebagai pengendali jarak jauh sebagai berikut.

Pertama : Untuk pengguna iPhone, bisa mengunduh gratis di Apple Store dengan ukuran file 42MB. Bisa dioperasikan pada sistem iOS untuk Apple iPhone 4s ke atas, dan iPad.

ac10

Setelah aplikasi dibuka, fungsi utama bisa diakses dengan menekan ikon kiri paling atas untuk menampilkan layar sebagai berikut :

ac12

Tinggal tekan ikon untuk “Remote Access” dan layar selanjutnya akan menampilkan :

ac13

ac6

Ini fungsi dasar yang bisa digunakan dengan cara mengendalikan Acaia melalui telepon genggam atau iPad tanpa harus menekan tombol di timbangan.

 

Fungsi Tingkat Lanjutan

Tekan “Create Note”

note

Lalu masuk ke “Brewing Print”

in2

Alat yang digunakan bisa dipilih dengan menekan ikon dalam lingkaran merah :

in3

Sebanyak 13 jenis alat seduh sudah tersedia dan tiga mode “Custom” bila ingin lebih spesifik dalam membuat catatan resep yang tentu bisa disesuaikan parameternya.

in9

Selanjutnya tinggal masukan angka “Ratio” dan “Bean”, sedangkan volume atau jumlah air akan menyesuaikan sendiri berdasarkan rasio yang kita tentukan,

rasio

Nah ini yang menarik karena Acaia sudah menyediakan panduan dasar atau “template” kapan harus menuang air, berapa lama waktunya, durasi “blooming” lalu menuang lagi. Penanda setiap tahapan akan diberitahukan melalui bunyi bel dan layar akan menampilkan grafik kesemua proses.

Kesemua proses pada mode ini bisa disimpan untuk kemudian diulangi lagi, didokumentasikan dan tentu saja Anda bagikan dengan pengguna Acaia lainnya melalui “feed” yang bisa diakses saat awal Anda membuka aplikasinya.

in7

Lupakan ide menggenggam iPhone atau apapun telepon Anda sembari menyeduh kopi dengan Acaia. Perlu koordinasi pintar antara tangan dan mata karena pada saat mencobanya sendiri seringkali air jatuh ditarget yang tidak diinginkan. Untunglah Acaia kedap air, setidaknya itu yang diklaim oleh pembuatnya, Takao Fujiki.

ig2

 

Penutup

Apa kelebihan alat ini secara umum dari beberapa hari mencobanya ? Selain dengan fitur yang sudah saya jelaskan di atas, Acaia sangat responsif, 1/20 detik sudah siap digunakan, serta tingkat presisi hingga serpihan sedikit kopi langsung mengubah angkanya dan bisa digunakan dengan atau tanpa aplikasi yang bisa diunduh gratis.

Harga yang berkisar dua jutaan memang relatif jauh lebih tinggi dibanding dengan timbangan digital biasa. Tapi bila Anda ingin menginginkan sebuah timbangan kopi yang punya banyak fitur berikut template seduh untuk belasan alat kopi, hanya Acaia yang punya opsi tersebut.

Projek Acaia masih berlanjut terus, dan aplikasinya masih terus disempurnakan, tapi Anda sudah bisa memilikinya di toko digital seperti di Coffee Biz atau Pihilo Coffee.  

*  *  *

3 replies

Comments are closed.