Sebuah festival tentang kopi

foc

Sebuah Festival dengan tema kopi spesial akan segera diselenggarakan diakhir pekan ini bersamaan dengan pemutaran film perdana yang berjudul “A Film About Coffee” Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari penuh pada tanggal 23 dan 24 Agustus bertempat di Lotte Shopping Avenue, Jl. Prof. Dr. Satrio no. 5, Jakarta Selatan

Acara ini dibawakan oleh Percolate Galactic dan The Goods Department yang bukan semata pemutaran film, tapi juga dimaksudkan sebagai sebuah perayaan orang-orang yang terlibat dalam membentuk kultur kopi di Indonesia, dari Barista, petani, hingga konsumen secara keseluruhan dalam kebangkitan third wave coffee di negeri ini.

A Festival About Coffee juga akan menampilkan gerai pamer, seni, hiburan, workshop, dan demo dari para pelaku utama di industri ini yang namanya sudah tidak asing lagi. Panitia berharap bahwasanya acara ini dapat dihadiri oleh semua pecinta kopi dimanapun mereka berada.

Pemutaran Film Kopi Pertama di Asia

Film yang berkisah tentang sebuah permenungan akan industri kopi spesial, di mulai dari perkebunan benua Afrika dan Amerika Tengah, hingga ke cafe kota besar Amerika dan Jepang. Majalah Fast Company menyebut film ini sebagai sebuah kado bagi para pecinta kopi di manapun mereka berada. Perlu di catat, untuk benua Asia, Jakarta adalah kota pertama yang melakukan pemutaran film ini.

Pemutaran film perdana akan diadakan di Ice’ Palace Concert Hall, Lottee Shopping Avenue yang terbatas hanya diberikan untuk para undangan saja. Jangan kecewa karena untuk publik telah disediakan waktu khusus pada hari Minggu dan tidak dipungut biaya masuk.

Jadwal acara pemutaran film adalah sebagai berikut :

Pemuataran Perdana
Hari : Sabtu, 23 Agustus 2014
Waktu : Pk. 19.00 (pintu dibuka 30 menit sebelumnya)
Tanya Jawab tentang film : Setelah selesai pemutaran film atau sekitar jam 20.30.

Pemutaran Film Untuk Umum
Hari : Minggu, 24 Agustus 2014
Sesi 1 : Jam 12.00 (pintu dibuka jam 11.30)
Sesi 2 : Jam 16.00 (pintu dibuka jam 15.30)
Keterangan : Tanpa tanda masuk, first come, first serve basis.

Tentang Festival

Bila halnya pemutaran film tentang kopi berkisah tentang perjalanan kopi di Africa dan benua Amerika, maka patulah panitia juga memberikan apresiasi kepada industri kopi spesial di Indonesia. Melihat perkembangan yang begitu pesat, tak salah kalau kami katakan bahwa Jakarta adalah ibukota kopi spesial untuk kawasan Asia.

Kami juga merasa berbahagia dengan akan hadirnya atau pop-up cafe seperti  One Fifteenth Coffee, Morph Coffee, Anomali Coffee, Black Alchemy Coffee Lab, and Ippolito Coffee. Mereka adalah sebagain dari ujung tombak kopi special di Indonesia

Tak ada kopi tanpa peran petani yang berdedikasi dan Koperasi Klasik Beans dengan produk organik-nya yang sudah diekspor ke tempat seperti Sweet Maria’s, Stumptown Coffee Roaster, dan Allegro Coffee. akan juga hadir dalam acara ini.

Sebagai tambahan Klasik Beans akan mengumpulkan buku-buku bekas untuk Perpustakaan Kopi anak-anak selain memberikan dukungan pada acara workshop. Misalnya seminar tentang Tata Kelola atau proses Panen Kopi dalam bagian Sustainability and Quality in Indonesian Agriculture.

Sponsor lain yang terlibat dalam perhelatan ini adalah Toffin Product dan Greenfield Milk. Selain itu dukungan juga hadir dari Lisa & Leo’s Organic Coffee, Djournal Coffee. Sedangkan media partner resmi kegiatan ini adalah Berita Satu, dan turut didukung oleh Cikopi.com., What’s New Jakarta, dan beberapa media lainnya.

Untuk informasi selanjutnya silakan kunjuni website A Festival About CoffeeTwitter di @FestAboutCoffee, Facebook di https://www.facebook.com/FestAboutCoffee. Anda juga bisa menghubungi pihak panitia melalui email : hello@festivalaboutcoffee.com.

 

*  *  *

 

2 replies

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] blognya Om Toni Wahid saya jadi tahu kalau di akhir pekan ini akan diselenggarakan sebuah festival kopi di Jakarta. […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *