Nocchi JT 100

nocchi

Namanya membuat saya menyangka produk pompa merek Nocchi dibuat di Jepang, tapi ternyata alat ini diproduksi di Italia sebuah perusahaan yang sudah punya pengalaman panjang selama lebih dari tiga dekade. Walau keberadannya tak terlalu populer tapi pompa merek ini sudah banyak digunakan dan direkomendasikan sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah mesin espresso. Beberapa mesin komersial memang memerlukan tambahan instalasi pompa eksternal seperti La Marzocco, Synesso, atau Kees van der Westen yang tidak menyertakan pompa di dalam mesinnya.

nocchi jt 100

Stainless

Desain, cara instalasi dan fungsinya tak jauh berbeda dengan mesin pompa air yang biasa kita gunakan sehari-hari. Lalu saya berasumsi, kalau begitu pompa merek Sh***u, atau Sa**o yang saya gunakan di rumah bisa diaplikasikan untuk keperluan ini. Sayangnya anggapan itu salah dan alasan utamanya terbentur pada material yang tidak aman digunakan untuk keperluan mesin espresso.

Nocchi menggunakan bahan stainless dan tahan karat, sedangkan mesin pompa di rumah saya menggunakan material besi yang korosif, rentan karat hingga mengakibatkan air akan tercampur zat metal dan tak aman untuk diminum. Jadi walau harganya jauh lebih murah, terpaksa niat menggunakan pompa yang harganya 400 ribuan terpaksa saya batalkan.

Nocchi berdaya listrik 100 watt dengan volume maksimal 45 liter per menit serta konstruksi yang sudah didesain untuk bekerja seharian.

Agar pompa lebih awet

Banyak yang memasang pompa ini untuk mesin espresso komersial walau unit-nya sudah dilengkap dengan pompa internal. Salah satu tujuannya untuk membantu mendorong air yang biasanya dari galon ke dalam mesin. Bantuan pompa eksternal juga bermanfaat untuk meringankan pompa yang sudah terpasang di mesin espresso agar tidak bekerja terlalu keras untuk menghisap sumber air dari galon. Tentu saja pemasangan pompa ini tak wajib dilakukan, tapi tak ada salahnya melakukan usaha preventif agar komponen penting dalam mesin espresso diperkuat daya tahannya.

Sebagaimana yang tadi sudah saya sebutkan tentang kesamaannya dengan pompa di rumah, pemasangannya cukup dengan menyambungkan dua koneksi dari Nocchi ke sumber air dan satu lagi ke mesin espresso dan sediakan fitting yang sesuai kebutuhan, 3/8, 1/2.

Glodok

Bila Anda rajin ke toko pertukangan di kawasan Glodok Jakarta, Nocchi tak sulit untuk didapatkan berikut koneksi yang dibutuhkan ke sambungan pipa air mesin espresso dengan estimasi harga sekitar 3 jutaan (PT Bahana Genta Viktory menyediakan pompa ini lengkap dengan sambungannya).

*  *  *

nocchi

2 replies
  1. Daniel Kaurranny
    Daniel Kaurranny says:

    Pak Toni, KvdW sudah include pompa (external) setiap unit mesin kok dgn brand Nuova Ricambi. Untuk Spirit bahkan dilengkapi 2 pompa external, 1 to brew, 1 to fill steam boiler and inject cold water. Cheers

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *