sowden

Sowden : Soft Brew

snowden

Selalu menarik untuk mengenalkan dan mencoba alat kopi yang baru saya miliki, Sowden Soft Brew  yang dibuat di Milan Italia, sebuah perusahaan yang juga memproduksi alat seduh teh dan peralatan dapur lainnya. Bila Anda tertarik, Sowden bisa diperoleh di situs ebay dengan harga 60 dolar belum termasuk ongkos kirim, cukup mahal memang. Sebenarnya cara seduh Sowden  tak jauh berbeda dengan french press atau Clever Dripper yakni submersible. Tapi selain desan produk yang ciamik, mungkin tak salah bila berharap suatu saat alat ini bisa hadir di Indonesia untuk memperkaya pilihan piranti alat seduh yang sudah ada.

snowden2

Ada berbagai ukuran Sowden Soft Brew, dua, empat, hingga delapan cangkir, sedangkan yang Anda lihat di sini adalah tipe Oskar dengan kapasitas maksimal 800 ml, cukup untuk empat gelas saji.  Dengan berbentuk teko dengan material yang terbuat dari keramik dan berat 0.7 kilogram. Tapi yang menarik adalah filter stainless dengan lubang mikoskopik yang berfungsi untuk memisahkan ampas kopi dan tentu saja bisa dilepas.

Soft Brew sebagaimana yang dijelaskan dalam situsnya dirancang untuk menyeduh kopi dengan cara klasik, menuang air panas ke kopi dan membiarkan proses ekstraksi terjadi dengan sendirinya. Sebagaimana french press bukan ?  Khusus bagi Anda yang pertama kali membaca cikopi.com, rasio seduh kopi dan air yang bisa digunakan adalah 10 gram kopi untuk 150 ml atau gram air bila Anda menggunakan timbangan digital. Silakan mencoba berbagai rasio lainnya, angka tersebut hanya panduan awal saja yang selalu saya gunakan sehari-hari, selain mudah diingat.

Jadi setelah mencoba  Soft Brew yang cukup mudah digunakan terutama saat membersihkan filternya, dari faktor rasa kopi yang dihasilkan pun tak jauh berbeda dengan french press, rich !  Untuk  para penggemar cara seduh submersible, Sowden Soft Brew adalah alternatif lain selain plunger atau  Clever Dripper .  

*  *  *  *  *

snow3

snow13

snow6

snow5

snow8

snow9

snow4

*) Typo, Sowden bukan Snowden. 

snow10

snow11

snow12

7 replies
  1. fahmi
    fahmi says:

    Hmmm.. maenannya pak toni nambah lagi neh?? Menarik n keren sowden-nya pak. Ditunggu ada yang datengin ke indo aja deh.. hehe..

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply