Certified WBC Judge : Mira Yudhawati & Headline

,

headline

Selalu menyenangkan berbincang dengan Mira Yudhawati (30), ibu seorang anak dan istri dari Resha Nareshwara di cafe milik mereka yang baru saja dibuka sekitar tiga minggu yang lalu, Headline Coffee di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Saya menulis tentang Mira hampir tiga tahun lalu sekaligus mengenalkan prestasinya sebagai cupper di dunia yang begitu maskulin. Bersama suaminya kini ia tengah sibuk menata Headline Coffee yang lokasi tepatnya di Jalan Kemang Utara no. 50, sebuah cafe mungil yang telah mereka cita-citakan sejak dulu.

headline3

Kita juga patut menyambut satu lagi prestasi yang baru saja diraihnya sebagai Certified WBC Judge untuk bidang cita rasa atau sensory yang ia dapatkan bulan lalu di Singapura. Mira adalah orang kedua di Indonesia setelah Hendri Kurniawan (Technical WBC Judge) yang kini berhak menjadi Juri di ajang kejuaraan Barista tingkat dunia. Di negara singa ini Mira harus melalui berbagai test ketat termasuk pengetahuan tentang peraturan pada kejuaraan Barista dan tentu saja ketajaman indera perasanya dalam mencicipi setiap cangkir kopi yang menjadi bahan ujian. Mira lulus sebagai perempuan pertama di Indonesia yang berhak menyandang titel “Certified WBC Judge”., 

Bagi yang tertarik mengikuti jejaknya, Mira selalu berpesan bahwa jangan takut untuk mengutarakan pendapat tentang rasa kopi karena di sinilah proses belajar bersama terjadi. Intinya, jangan takut berbeda, dan terus melakukan cupping untuk melatih indera perasa, kata perempuan yang mengibaratkan kopi Sumatra layaknya pria atletis ini.

headline4

Kini Mira beserta suaminya bergiliran menjaga Headline Coffee, sebuah espresso dan brew bar yang menyajikan berbagai variasi menu kopi dan makanan ringan. Dengan ukuran sekitar 30 meter persegi, Headline Coffee yang yang barnya bergaya interior Skandinavia didominasi oleh kayu  berwarna krem dan dihiasi oleh ilustrasi dan typography dari kartunis yang film-nya digemari oleh anak-anak hingga dewasa seperti saya.

headline2

Karena ukurannya yang mini, kapasitas tempat duduknya cukup terbatas, namun bagusnya mereka berdua akan segera menambah kapasitas di halaman sekaligus sebagai area merokok. Tapi untuk urusan kopi, Mira langsung bertanggung jawab dan memilih secara seksama racikan kopi yang mereka sajikan dengan rentang harga 10 (single espresso) dan 26 ribu (ice latte) dan sesekali mereka menyuguhkan kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

Para penikmat kopi khususnya dari Jakarta, kini Anda bisa berkunjung ke Headline, bila kebetulan berjumpa dengan Mira,  Anda tentu bisa berbincang dengan seorang Q Grader, SCAA Star Cupper, dan WBC Certified Judge, sebuah profesi yang jarang dilakoni oleh perempuan di Indonesia, tapi Mira salah satunya.

*  *  *

panini

chai

Mira1

headline5

15 replies
  1. SYAF.
    SYAF. says:

    GOOD STARTER..!!
    CONGRATULATION BUAT MIRA AND RESHA.
    SAYA SUDAH MAMPIR BERSAMA DUA PAKAR KOPI DARI MEDAN DAN GAYO. REALLY COOL !!

  2. Arfan
    Arfan says:

    selamat ya..
    salut atas kompaknya suami dan istri mengelola passion bersama menjadi suatu experience yang dapat dinikmati orang banyak..

  3. don dendron
    don dendron says:

    Selamat dan sukses buat coffee shop nya mbak mira dan suami…kalau ke jakarta pasti saya sambangin.. :))

  4. Mira
    Mira says:

    Dear Pak Toni… Super thanks pakk untuk liputan dan waktunya sudah mau berkunjung.
    semoga headline bisa ikutan hits spt semua yang biasanya jadi hits ditangan cikopi. 🙂

    Special thanks juga untuk partner kami Medissa dan Aditya Azhar yang mau membangun mimpi bersama2 di Headline.

    thanks juga mbak ellyse dan mas alfadrian sudah berkunjung..

  5. irvan
    irvan says:

    Buat mas alfadrian syah thanks ya udah mampir ke headline dan nyobain black coffee nya, ditunggu kedatangan nya kembali untuk mencoba minuman yg lain nya hehee

  6. Alfadrian Syah
    Alfadrian Syah says:

    Tadi mampir ke sini dengan teman, saya tes Aceh Gayonya dengan metode pour over dan teman saya coba Bali Kintamani dengan siphon, dan penilaian kami….Anda patut mencoba black coffee di sini.

    NB: Bila anda beruntung jangan lupa duduknya di dekat meja sang barista….biar “Pengalaman ngopi”-nya lebih terasa!…Karena tadi sesak, kami jadi tidak kebagian duduk dimeja si Barista…

  7. Ellyse
    Ellyse says:

    Pernah mampir kesini, kalau lg rame agak susah ya duduknya tp ngga nyesel minuman & panininya enak banget jadi pengen kembali lagi

  8. wallflowers
    wallflowers says:

    Congrats buat si emak dan mas Resha..
    setelah perjuangan berat yang disertai tetesan keringat dan air mata, akhirnya Headline Coffee hadir ditengah2 masyarakat kopi Indonesia..

    Dan seperti biasa Cikopi selalu terdepan dalam informasi dunia kopi..cuma Cikopi yang bisa begini 🙂

    salam hangat2 kopi dari Kediri.. uhukkk..

  9. Benny Yuniarto
    Benny Yuniarto says:

    wah design Headline Coffee bagus bgt… saya suka designnya. design berwana kayu dan mejanya uniq, PLUS yang saya suka bgt adalah terangnya tempat membuat org di jalanan penasaran untuk melihat ke dalam dan mecicipi coffee dan makanan ringannya… wajib untuk di kunjungi dalam waktu sesegera mungkin… sukses selalu ya Resha Nareshwara dan Mira Yudhawati. Gob Bless 😉

Comments are closed.