Pemenang Quiz Opini

q2

Saya tersenyum membaca salah satu Opini Peserta Quiz yang saya kutip di atas mengenai  perkembangan kopi di Indonesia. Sebuah sentilan yang cukup mewakili sekelumit perkembangan kopi di negeri ini. Tapi terdapat benang merah dari hasil kesimpulan para peserta Quiz Opini yang mayoritas menyatakan gairah dan optimisme akan geliat perkembangan industri kopi di tanah air. Keyakinan itu diperkuat dengan keragaman kopi di Indonesia yang punya karakteristik rasa yang unggul dan pasar yang masih terbuka lebar baik di dalam maupun luar negeri walau harganya memang relatif lebih mahal. Sisi lain yang dikemukakan adalah adanya peningkatanan sumber daya manusia di bidang perkopiaan termasuk ujung tombaknya para barista yang semakin meningkat kualifikasinya.

q1

Indikator lain yang disitir oleh peserta quiz adalah kopi sudah semakin menjadi gaya hidup yang ditunjang dengan peningkatan jumlah kedai kopi tradisional maupun yang modern. Namun di balik rasa optimisme tersebut, beberapa catatan dikemukakan dalam ragam pendapat yang antara lain masih perlunya edukasi, dan tentu saja penghargaan terhadap para petani kopi di bagian hulu industri ini. Kritik yang perlu juga diperhatikan adalah manipulasi kopi luwak  yang mengakibatkan turunnya harga salah satu komoditas eksotis ini.

Akhirnya, dengan mengutip pendapat dari salah satu peserta, bolehlah disimpulkan jika perkembangan kopi di Indonesia “it’s improving, improvising and promising”.

buwana

Philocoffee yang mengakui sedikit puyeng melihat begitu banyaknya opini yang bagus akhirnya menentukan pemenang Quiz Opini dan yang beruntung mendapatkan satu grinder BARATZA ENCORE adalah BUWANA.

Delapan pemenang lainnya akan mendapatkan hadiah biji kopi dari CUP Roaster dan Sensa Coffee yakni :

1. Kopibrik
2. Sinly evan putra
3. Java Raung
4. SAR
5. Fadil
6. Zozoreva17
7. Wahid
8. Papa Bear

Silakan menghubungi Philocoffee untuk pengurusan hadiah dengan mengirimkan SMS yang berisikan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman paket ke nomor : 08211-6936475.

Sampai jumpa di Quiz selanjutnya.

8 replies
  1. buwana
    buwana says:

    Saya terima nikahnya Baratza Encore binti Philocoffee dgn mas kawin 1 paragraf Quiz opini Cikopi tanpa dibayar tunai. :)
    Alhamdulillah … Haturnuhun utk Philocoffee, Cikopi dan jamaah cikopiah. Maju terus kopi Indonesia

    Reply
  2. Lidya
    Lidya says:

    wah, nda menang, hehe, yg penting dah partisipasi.
    selamat buat para pemenang ya :) semoga kopi Indonesia semakin jaya, dan buat penyelenggara kuis dan sponsornya semakin berjaya di dunia kopi Indoesia… :D

    Reply
  3. papabear
    papabear says:

    hehehehehe papa bear was here! :D:D:D
    trimakasih om toni, trimakasih om phillocoffee… sukses selalu… muah2

    Reply
  4. yogo
    yogo says:

    wah pengumuman yang dinanti-nanti akhirnya tiba

    tapi kurang beruntung nih dapet encore ;)

    selamat untuk para pemenang :D

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply