Nice O Drip : Kebajikan untuk lingkungan

nice o drip coffee

Bukan hanya sekedar kopi siap saji, produk yang sedang Anda lihat juga berfungsi sebagai media untuk menumbuhkan bibit tanaman. Namanya “niceO drip” produk yang menyajikan kopi Indonesia dan sudah mulai tersedia di pasaran dari sebuah perusahaan yang berlokasi di Tangerang, Banten. Ampas kopi memang banyak digunakan sebagai media penyubur tanaman karena dianugerahi berbagai zat kimiawi untuk kebaikan tanah dan lingkungan. Di gerai Starbucks ampas kopi disediakan secara cuma-cuma bagi siapa saja yang membutuhkan. Cuma satu masalah saja dengan Nice O Drip, saya tidak bisa berhenti menikmatinya.

n2

Di Seattle kota kelahiran Starbucks, Edi Chandra (43) yang saat itu  adalah seorang mahasiswa Administarsi Bisnis menyeduh kopi tubruk yang ia bawa dari Indonesia dan membaginya dengan rekan kuliahnya. Kegemarannya terhadap minuman ini karena Edi datang dari keluarga yang memiliki usaha kopi di kawasan Tangerang dan ia mencoba mengenalkan kopi dari Indonesia kepada teman-teman dekatnya di Amerika.

Namun setelah kopi tubruk ia sajikan, bukan pujian yang didapatkan, tapi keluhan jika ampasnya mengganggu kenikmatan mereka yang sudah terbiasa minum kopi dengan penyaring. “Buat kami kopi lebih sedap diminum tanpa ampas yang mengganggu” begitu kira-kira komentar mereka selain masukan mengenai aroma dan rasa yang kurang bisa diterima.

n3

Namun peristiwa itu tidak mengecilkan hatinya dan Edi mulai terpacu untuk untuk lebih mendalami kualitas kopi khususnya varian arabika berikut kultur kopi bukan hanya di Amerika, tapi juga di negara-negara lain melalui berbagai riset yang terus ia lakukan hingga saat ini. Singkatnya, diakhir tahun 2011 ia mulai meluncurkan produk Nice O Drip ke pasar dalam negeri dalam sebuah format kopi bubuk yang diseduh dengan penyaring kertas yang sudah saya coba.

Rasa skeptis menghadapi produk baru langsung menghilang manakala Nice O Drip mampu menyajikan kehangatan kopi Flores yang begitu kaya dengan harmoni rasa coklat, fruity, dan kekentalan medium, tentu saja sweetness yang tetap meninggalkan jejak di receptor cell lidah dan rongga mulut seakan mengajak saya untuk mereguk hingga ke tetes terakhir. Semoga saya tidak salah dan cuma bisa menerka bila mereka menggunakan kopi specialty yang sudah di cupping dengan seksama.

n4

Cara seduh Nice O Drip  bisa Anda lihat pada foto-foto yang tersaji, namun satu hal yang menarik adalah nilai tambah produk ini untuk kebaikan lingkungan sekitar. Sebagai seorang yang prihatin dengan berbagai isu lingkungan, Edi Chandra ingin menyampaikan pesan kepada para peminum kopi agar tidak menyia-nyiakan ampas kopi yang sudah banyak digunakan sebagai media kompos atau pupuk.

Dengan cermat pesan itu ia gunakan pada bagian filter kopi yang bisa digunakan sebagai media tanam dengan cara menambahkan tanah secukupnya. “Anak-anak kita di 30 tahun yang akan datang akan hidup dalam dunia yang berbeda dan jauh lebih sulit karena kerusakan lingkungan yang begitu hebat” ujar Edi.

Produk Nice O Drip ingin mengajak kepada siapapun untuk menumbuhkan kesadaran memulai menanam bibit tanaman semampu yang kita bisa. “Ajak anak kita untuk tidak takut bermain dengan tanah dan di bawah tanaman besar sudah menanti tanaman kecil yang siap untuk dijadikan bahan pembibitan. Hidup akan jauh lebih sulit untuk anak kita pada dekade yang mendatang dan kesadaran itu harus ditumbuhkan sejak dini” pesan Edi.

n5

Kini produk Nice O Drip  sudah di ekspor ke negara-negara ASEAN hingga Cina dan Edi tak akan pernah  lelah menyampaikan misi penting, kebajikan untuk lingkungan melalui produk yang ia sudah patenkan di Amerika. Nice O Drip di produksi oleh PT TRI CIPTA CHANDRA (021-37460902).

*   *   *

n6

n7

n8

n9

starbucks

18 replies
  1. Iyos Rambe
    Iyos Rambe says:

    eh salah deng, pak toni ya yang buat:), kebetulan kenalnya sama pak sigitnya,btw butuh info niy utk menjadi reseller…thx before…

    Reply
  2. Ismail
    Ismail says:

    Kang Toni foto yang pertama agak goyang ya pas ngambilnya, tapi tetep aja bagus tone warna nya, jadi ngiri :D. Apa kopi portable dripper ini bakala laku didaerah yang orang hobinya ngopi di warkop Kang?

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *