Jakarta Brew Champs

Mari berhimpun dalam sebuah event manual brewing yang mungkin baru pertama kali diadakan di Indonesia pada hari Sabtu, 22 November yang akan datang di EX Plaza, Jakarta. Kami menamakan event ini : “2012 Jakarta Brew Champs” dan akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. terbuka bagi siapa saja yang menghayati teknik seduh manual, sebuah seni menyeduh kopi dengan menggunakan alat tanpa kehadiran listrik. Coffee Unplugged ! 

Setiap peserta akan diminta untuk menyajikan secangkir kopi dengan volume minimal 150 ml dan menggunakan tiga alat seduh pilihannya yang disediakan oleh panitia yaitu :

1. Hario tipe V60
2. French Press, dan
3. Aeropress

Pada babak penyisihan, panel juri hanya akan menilai hasil seduh kopi dari unsur cita rasa semata  : aroma, flavor, after taste, acidity, body, dan balance. Di babak final, selain rasa kopi, peserta wajib mendeskripsikan karakter rasa kopi hasil seduhnya di hadapan para juri.

Tentu saja akan menjadi poin tambahan bila peserta juga bisa menjelaskan teknik seduh yang ia gunakan untuk mencapai hasil atau rasa yang diinginkan. Misalnya kehalusan bubuk kopi yang ia pilih, rasio air dan kopi, waktu, suhu air, dan hal apapun yang bisa membuat presentasinya menjadi sangat menarik. Dengan kata lain, saat final peserta harus beranggapan bahwa ia sedang melayani pelanggan dan menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Beberapa hal yang mungkin ditanayakan oleh calon peserta :

Siapa saja yang boleh mengikuti kompetisi ini ?
Terbuka untuk umum, namun kami membatasi waktu pendaftaran hingga batas maksimal jumlah peserta terpenuhi.

Alat atau perlengkapan apa yang harus saya bawa ?
Peserta hanya diminta membawa satu cangkir dengan ukuran minimal 150ml atau tiga demitasse (cangkir kecil untuk espresso) beserta saucer untuk disajikan ke masing-masing juri. Tidak wajib, tapi bila Anda punya tiga sendok untuk cupping sangat dianjurkan dibawa untuk digunakan saat penilaian oleh para juri. Tambahan : Peserta diperkenankan membawa teko sendiri, pengukur suhu, atau yang akan menggunakan Aeropress dengan filter khusus.

Berapa banyak kopi yang harus saya sajikan kepada juri ?
Anda hanya diminta membuat satu cangkir kopi dengan volume minimal 150 ml yang akan dinilai oleh juri. Saat penyajian, peserta juga diperbolehkan menggunakan tiga cangkir demitase sehingga setiap juri akan memiliki cangkir terpisah untuk dinilai.

Apa saja alat yang disediakan oleh panitia ?
Pada saat kompetisi panitia akan menyediakan alat giling kopi, alat seduh sesuai dengan pilihan peserta, dan boiler untuk air panas. Demikian juga dengan biji kopi yang akan khusus disediakan oleh panitia.

Bolehkan membawa grinder atau kopi sendiri ?
Demi keseragaman penilaian, kami tidak memperkenankan peserta membawa grinder dan kopi.

Berapa lama waktu yang disediakan untuk setiap peserta yang tampil ?
Peserta hanya disediakan waktu selama 15 menit.

Apakah saya boleh menggunakan apron ?
Tentu boleh walau kami tidak mewajibkannya.

Mengapa kami harus melakukan presentasi pada saat babak final ?
Customer service adalah tulang punggung dunia F&B dan kami ingin agar event ini menjadi ajang untuk menunjukan keahlian peserta dalam hal layanan kepada para pelanggannya.

Sepertinya ini sebuah kompetisi yang serius ?
Percayalah, kompetisi ini dirancang sebagaimana lomba yang pernah diadakan oleh cikopi.com terdahulu seperti latte art throw down, selalu riang gembira. Tapi Jakarta Brew Champs atau JBC tetap sebagai wadah untuk mengekspresikan keahlian para peserta dalam hal manual brewing.

Bagaimana dengan hadiah ?
Kali ini kami menyediakan hadiah 1.5 juta rupiah bagi pemenang pertama, 1 (satu) juta rupiah untuk ke-2, dan 500 (lima ratus) ribu untuk urutan ke-3.

Bolehkan saya berlatih sebelum perlombaan ?
Kami akan menyediakan sudut kecil untuk para peserta yang akan berlatih sebelum bertanding, terutama untuk mengenali setting grinder serta mencoba rasa kopi saat diseduh dengan alat yang dipilih. Tentu dengan waktu yang akan ditentukan dan bergiliran. Catatan : Disesuaikan dengan situasi dan kondisi dan bila tidak memungkinkan, kami akan menyediakan kopi yang sudah diseduh dengan metode tubruk untuk dicoba para peserta.

Bila ada hal-hal yang kurang jelas boleh ditanya langsung kepada Adi dengan kontak di atas. Segera kirim email untuk pendaftaran ke adiyudhaprabowo@gmail.com berisi data lengkap sebagai berikut :

Nama
Usia
Nomor telepon/hp
Alamat lengkap
Pekerjaan
Alat seduh yang dipilih : French Press / Hario V60 / Aeropress

Peserta diminta datang paling lambat 30 menit sebelum kompetisi untuk registrasi ulang.

Have fun !

6 replies
  1. Barry
    Barry says:

    Boleh pake Presso , dkk yg espresso non listrik gak ? (kan ga pake listrik, termasuk alat seduh manual yah?) =D hehehe

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply