Doddy Samsura : Barista Jogja Kembali

Datuk Doddy Samsura dari Kedai Kopi Jogjakarta akhirnya diumumkan sebagai Barista terbaik se-Indonesia setelah berhasil menyisihkan 26 peserta grand final di Jakarta Expo Kemayoran sore tadi. Juara ke-2 diraih oleh I Ketut Hartawan dari Caswells Denpasar Bali, sedangkan Riri Amiyata berada di tempat ketiga.  Hari ini adalah klimaks dari perjalanan panjang event IBC yang dimulai di Denpasar Bali (Oktober 2010), Jogjakarta (Desember 2010), Surabaya (Februari 2011), Bandung (Maret 2011) dan kota Jakarta (April 2011),  sekaligus tempat berlangsung acara grand final sejak tanggal 6-9 April. Barista Jogja memang sudah kembali dan Doddy Samsura tidak perlu waktu enam jam seperti Brigade 10 daerah Wehrkreise untuk merebut kedaulatan kota ini dari Belanda, tapi cukup 30 menit dalam dua kali penampilannya di atas panggung IBC untuk merebut tempat pertama. 🙂

 

Kemenangan yang diraih Doddy mengirim pesan penting bahwa barista terbaik bahwa kota manapun bisa melahirkan barista terbaik. Bahkan saat berlangsungnya kompetisi IBC, Jogja adalah kota di mana nilai perolehan peserta masih di bawah harapan panitia penyelenggara. Situasinya menjadi terbalik saat pertandingan final berlangsung, dan Doddy Samsura dengan  latihan intensif berhasil menjaga penampilan yang prima selama dua hari event berlangsung.

Walau tidak jadi pemenang, SCAI juga memberikan penghargaan khusus kepada finalis Yasep Meryana (Kedai Kopi, Jogjakarta) yang diapresiasi atas peningkatan prestasi yang signifikan sejak IBC di Jogjakarta.  Terlepas dari kemenangan ketiga Barista dalam event IBC, rasanya semua peserta sudah tampil semaksimal mungkin untuk menunjukan kepada publik eksistensi mereka dalam industry hospitality di Indonesia.  Selain hadiah uang dan perjalanan ke Italia, Doddy akan menjadi wakil  Indonesia dalam ajang Asia Barista Competition di Singapura tahun 2012, juga bersamaan dengan acara pameran besar Food & Hotel Asia.

Profesi barista akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan specialty coffee di Indonesia dan IBC adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan apresiasi terhadap individu yang berkecimpung dalam bidang ini. Sekali lagi selamat kepada pemenang dan mari kita mengapresiasi para sponsor dan seluruh jajaran panitia yang sudah bekerja keras demi kesuksesan Indonesia Barista Competition 2011.

 

* * * *

 

 

15 replies
  1. Hery Ishak
    Hery Ishak says:

    Kang Tony….., kamarana atuh jaragoan jakarta…? Era atuh di elehkeun ku yogja he he he. Tapi reseplah..juara na tong jakarta deui-jakarta deui ..
    Selamat ya buat mas Doddy..

  2. prast
    prast says:

    selamat mas dodi, jogja yang lagi melambung ditambah lagi dengan kemenangan mas dodi 🙂

    om toni, gak ada liputan aksi2 kompetisinya? terutama saya nunggu signature nya para barista INA 🙂

  3. eko wahyu
    eko wahyu says:

    wah selamat buat doddy! temen ane nih waktu masih aktif di salah satu UKM di UGM..

    jadi pengen ngopi saya…

  4. laurentius nawang
    laurentius nawang says:

    Ngaturaken nderek bingah kagem bang doddy…saya turut berbahagia atas kemenangannya. Buat yasep “Ncep” meryana: Anda juga juaranya gan??!

    kalo lewat kopi item, jangan lupa tumpengannya ya?hehehe…

  5. catur_pethooooo
    catur_pethooooo says:

    great victoryyyyyyy
    kemenangan yang sangat besarr,bukan hanya diri seoarang dody samsura saja,tapi juga kemenangan regional yogyakarta di kancah nasional,kemenangan dari perjuangan besar dan kemauan berubah unteuk menjadi lebih baik…….
    sekali lagi…..
    selamat pak dodyy………
    (barista istimewa yogyakarta)

  6. Endang
    Endang says:

    Baca postingan pak Toni terakhir ini sambil minum kopi dan sambil nonton kualifikasi F1 Race di tv (recorded). Selamat buat mas Doddy Samsura, selamat juga buat Yogya.

  7. Abied
    Abied says:

    wah mantab mantab neh juaranya.. keiko lagi ya..
    semoga membawa angin baru dan menambah pekat nya dunia perkopian kita. i love cikopi menginspirasi banyak orang.. dan sedikit meracuni… hehehehe

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] saya nyalain YM yang udah sempet mati suri itu. tiba-tiba senior saya di Color Guard ngasih saya link ini, saya udah curiga ada berbau-bau barsita nya. ternyata benar sodara-sodara! si (berita) barista itu […]

Comments are closed.