Gaggia Office Titanium

Kalau mesin komersial manual didesain untuk dioperasikan oleh barista yang terlatih, mesin super otomatis seperti Gaggia Office Titanium bisa digunakan siapa saja. Dengan satu sentuhan tombol
“brew” kopi siap tersaji tanpa harus “upacara khusus” ala barista di cafe.  Teknologi telah memudahkan cara penyajian kopi dengan pengaturan suhu yang pas, grind, dose, tekanan pompa dan boiler saat brewing, yang kesemuanya telah diatur dengan akurasi tinggi dalam sistem komputer yang ditanamkan pada mesin2 otomatis. Gaggia adalah salah satu pemain yang menyediakan mesin seperti ini buat konsumen yang menginginkan berbagai kemudahan  segelas kopi panas dengan hasil yang selalu konsisten. Gaggia Office Titanium di bawah ini.

Di dalam box terdapat dua bagian, komponen utama berupa mesin dan base atau dudukan mesin ini sekaligus berfungsi sebagai drip tray dan tempat membuang kopi hasil brewing. Berat total mesin ini adalah 16 kg, dengan dimensi 50″ panjang x 41 lebar x 41cm tinggi, memakan daya listrik 1250 watt. Casing berbalut stainless steel dengan warna abu2 dan tampak begitu tinggi saat base-nya terpasang.

Dilengkapi dengan empat aksesoris, dua kuas pembersih, satu sendok kopi, dan yang paling menarik adalah cappucinatore atau frothing enhancement untuk menghasilkan froth yang lebih halus. Di panel LCD yang berwarna biru pada saat dinyalakan merupakan pusat dari segala aktivitas mesin ini. Terdapat 7 tombol yang masing2 berfungsi untuk : single shot, double, lungo, ground coffee, hot water, descaling, dan terakhir adalah pengaturan “menu”. Kesemuanya disajikan dengan “user friendly” sehingga akan memudahkan pengguna dalam pengaturan lebih lanjut.

Mesin super otomatis ini dilengkapi dengan dual boiler, satu untuk steam dan satunya khusus untung fungsi brewing. Artinya kita bisa melakukan dua kegiatan secara bersamaan tanpa terganggu dengan cycle time atau jeda waktu karena menunggu boiler panas. Brewing group terbuat dari plastik dan bisa dilepaskan untuk dibersihkan secara teratur dengan cara dibilas air.

Tangki air cukup banyak menampung air, tapi harus secara teratur diperiksa agar mesin selalu mempunyai kecukupan suplai air. Satu hal, mesin secara pintar akan memberitahu saat waktu descaling harus segera dilakukan melalui panel elektronik di bagian depan. Descaling adalah proses membersihkan kerak yang terbentuk akibat penumpukan zat kalsium dan mineral lainnya yang mengeras di dalam boiler. Saya tidak melihat kit berupa “strip paper” untuk mengetest “water hardness” yang biasanya termasuk kelengkapan mesin otomatis. Terdapat empat bar dalam satu strip kertas dengan warna tertentu yang akan memberikan petunjuk tingkat “hardness”, dua warna yang keluar artinya air cukup “smooth”, empat warna adalah tingkat hardness tertinggi yang membuat descaling harus dilakukan lebih sering.

Mesin otomatis seringkali mempunyai kelemahan karena pengguna tidak bisa melakukan penyesuaian “grind”, tapi tidak untuk Titanium Office. Mesin ini dilengkapi dengan grind dan dose setting sehingga kita bisa memodifikasi rasa espresso dengan cara memainkan kedua fasilitas tersebut.  Untuk selanjutnya, foto2 di bawah akan memberikan gambaran bagaimana cara kerja mesin yang hanya butuh waktu pemanasan empat menit saja hingga siap digunakan.

Kesimpulan saya, bagi yang tidak ingin repot terutama pada fasilitas publik seperti perkantoran, lounge, atau untuk keperluan pribadi, mesin ini sudah sangat memadai untuk menikmati kopi sehari-hari.

* * * *

Tuas frothing seperti biasa dilengkapi dengan frothing enhancement utama yang bisa dilepas untuk digantikan dengan cappucinatore.

8 replies
  1. Niken
    Niken says:

    Harga untuk Gaggia Titanium berapa ya?
    Sudah punya mesin Nespresso De Longhi dengan sistem Kapsul, untuk itu saya mau ganti Gaggia saja, lebih flexible.
    Mohon info, thanx.

  2. firman
    firman says:

    mau tanya pak, kl perbedaan antara gaggia titanium office ama titanium selain tambahan base container, apakah ada perbedaan spesifikasi lain?

    thanks,

  3. chris
    chris says:

    jujur saja saya adalah salah seorang pecinta mesin otomatis,salah satu keunggulan yg sulit ditandingi oleh mesin manual adalah warm up timenya,dengan sistem pemanas thermoblok pemanasan gak lebih dari 5 menit.

    tinggal hidupkan dan dalam sekejap sudah bisa langsung digunakan

  4. Enrico
    Enrico says:

    Only one word… “Wowweeeee~!”

    Betul2 enak ya… terbayang saya bangun pagi, masih ngantuk, tinggal tekan tombol, klik klik klik, ga sampe beberapa menit sudah ada kopi utk bangunin…

Comments are closed.