Backflush itu membersihkan tiga bagian penting dalam mesin espresso yakni shower screen, group head, dan three way valve. Ketiga komponen inilah yang bekerja sangat keras selama mesin dioperasikan tapi seringkali “ditinggali” sisa kopi yang semakin lama semakin banyak menumpuk akibat hasil brewing. Kotoran kopi yang menumpuk lama kelamaan akan mengeras dan menghadiahkan rasa tak sedap pada espresso yang anda buat. Salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran tersebut dikenal dengan istilah backflushing. Selengkapnya di bawah ini.

Backflushing hanya bisa dilakukan pada mesin yang mempunyai three way valve (solenoid), sebuah komponen kecil yang mengatur tekanan pada saat brewing. Jadi konsultasikan dulu pada perusahaan yang menjual mesin tersebut apakah alatnya dilengkapi dengan 3 way valve tersebut. Bila tidak, maka jangan sekali-kali melakukan backflushing karena tekanan yang dihasilkan akan berbalik dan merusak komponen lain seperti boiler.

Apa yang diperlukan ? Sebuah blind filter, yaitu basket tanpe lubang dan cairan kimia khusus untuk backflushing yang banyak dijual di distributor mesin espresso.

Mengapa perlu cairan kimia khusus ? Karena memang dibuat untuk menghilangkan kotoran kopi dan bukan untuk membersihkan baju anda tentunya.

Bolehkah diganti dengan detergent ? Hmmmm, di internet ada yang pernah mencobanya, tapi saya tidak menyarankannya.

Berapa lama rutinitas backflush ? Untuk sebuah cafe sebaiknya dilakukan setiap hari saat selesai melakukan aktivitas. Kalau untuk mesin rumah dengan frekuensi brewing 2 atau 3 kali sehari, waktu 3 bulan sepertinya tidak terlalu masalah.

Berbahayakan proses ini ? Walau ada suara aneh seperti woooosh, backflushing adalah rutinitas biasa dan sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mesin.

Bagaimana caranya ? Foto di bawah ini cukup jelas untuk memperlihatkan langkah2 yang harus dilakukan.

Semoga bermanfaat.

* * * *

7 replies
  1. titah
    titah says:

    salam kenal pak Tony,

    kalau untuk mesin KRUPS apakah bisa dilakukan backflush ya? soalnya kok saya cari tidak ada blind portafilternya. saya punya mesin KRUPS kecil yang saya tidak tahu seri nya. maklum dikasih orang. hehehehe..

    dan kalaupun tidak bisa dibackflush, bagaimana membersihkan group headnya??

    terimakasih

    Sepanjang yang saya tahu, mesin kecil tak perlu di backflush, tapi coba lihat lagi manualnya.

  2. rigs
    rigs says:

    Mas Tony,
    Stockist Cafetto di Indonesia, di mana ya?
    Saya email Cafetto, mereka bilang di Indonesia nggak ada distributornya, jadi akhirnya pesan dari online store di Sydney agak banyak, kemudian titip teman yg kebeneran mau ke Jakarta.
    Kalau di Jakarta memang ada yang jual, akan membantu banget

    Thanks

  3. satria
    satria says:

    Pak Toni,untuk mesin aurelia simonelli apakah bisa di backflushing?

    – mesin profesional harusnya bisa di backflush.

  4. Roger
    Roger says:

    halo mas Toni,
    bubuk kimianya rada kebanyakan, cuma butuh kurang lebih 1/3 dari foto diatas

    Oh ya? di petunjuknya dibilang 1 level scoop sih … anyway, thanks.

  5. Albert G.
    Albert G. says:

    Halo Mas Toni,

    bener banget nih mengenai perawatan mesin espresso. backflushing ngaruh ke rasa dan penting untuk longevity / umur mesin espresso kita. wah pake caffeto juga, aussie made tuh hehe.

    abis ini bahas descaling Mas?

    Backflushing yang simpel itu memang ampuh mengikis kotoran di tiga komponen tadi, makanya rasa kopi jauh berbeda.
    Saya lagi menyiapkan Descaling, tunggu mesin yang akan dijadikan korban 🙂

Comments are closed.