Apa yang menarik dalam kompetisi Barista tahun mendatang ? Di selenggarakan dalam sebuah rangkaian road show ke lima kota besar Indonesia, Bandung. Jogja, Surabaya, Bali, dan tentu saja Jakarta yang akan menjadi tuan rumah di akhir kompetisi, selain tempat babak eliminasi Diselenggarakan oleh Asosiasi Kopi Spesial Indonesia dan akan dinilai oleh para juri dengan akreditasi internasional dalam bidang World Barista Championship termasuk juri tingkat nasional. Menurut keterangan panitia, terdapat tujuan utama penyelenggarakan acara ini yaitu semakin memperkenalkan profesi Barista berikut meningkatkan kulitasnya di Indonesia. Keterangan selanjutnya di bawah ini :

Waktu dan Tempat :

Babak Eliminasi akan diadakan di lima kota dengan waktu penyelenggaraan :

Bali : 5-8 Oktober 2010, Hotel Westin, Nusa Dua Beach.
Jogjakarta : November 2010
Surabaya : Januari 2011
Bandung : Februari 2011
Jakarta : Maret 2011, Electronic City SCBD.

Untuk babak final akan diadakan bersamaan dengan acara Food & Hotel Indonesia di Jakarta Expo, Kemayoran, pada tanggal 6-9 April 2011.

Teknis Kompetisi

  1. Setiap peserta diberikan waktu 45 menit dengan pembagian 15 menit untuk persiapan, 15 menit kompetisi, dan 15 menit terakhir untuk membersihkan area kerja.
  2. Dalam waktu 15 menit peserta harus membuat masing2 4 cangkir espresso, cappuccino, dan   signature beverage (tanpa alkohol)
  3. Peserta akan dinilai oleh juri teknikal dan sensory atau rasa yang diketuai oleh head judge bersertifikat World Barista Championship.

Keterangan selanjutnya bisa diperoleh di : Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (Specialty Coffee Association of Indonesia), BRI II Building, Lantai 28, Ruang 2806. Jl. Jend. Sudirman Kav 44-46, Jakarta. Telepon (021) 5713548, email : info@sca-indo.org, web : www.sca-indo.org.

* * * * *

17 replies
  1. ririn susanti
    ririn susanti says:

    wowww.. mau ikutan dong kompetisi ini.
    caranya gimana yaa buat ikutan kompetisi barista ini ??

  2. Charlie
    Charlie says:

    Hey all,
    i am charlie from sea circus bali – we are looking for a barista to come and join our team. we have a synesso cyncra [the only synesso in indo?] and an electronic mazzer that grinds per cup. we work with five senses australia and some of australia’s top baristas. our baristas will spend some time over in the perth barista academy learning from some of the best. if you are interested in applying or know where i could post this vacancy drop me an email on charlie@seacircus-bali.com
    Cheers and love

  3. Wayan Artana
    Wayan Artana says:

    selamat buat Intan Kumalasari, juara penyisihan indonesian barista competition regional bali..
    selamat berjuang di jakarta mbak intan dan juga bersama ke lima rekan lainnya!!

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Hendri Kurniawan, toniwahid. toniwahid said: Yg mau jadi Barista di Bali, ada lowongan di Sea Circus, cafe high end. Email: charlie@seacircus-bali.com. atau di http://bit.ly/9PPomW […]

Comments are closed.