Toraya Coffee

Selepas lulus kuliah di jurusan Teknik Lingkungan Universita Trisakti, Janny sudah bertekad membuka usaha sendiri dibidang kopi. Debut pertamanya dimulai dengan membuka satu gerai kopi di Mall Ambassador di tahun 2004 dengan sedikit modal dari tabungan yang ia kumpulkan sedikit demi sedikit. Janny hanya memfokuskan pada kedai kopi dengan spesialisasi kopi Toraja dan proporsi makanan atau snack yang tidak terlalu banyak. Selanjutnya adalah cerita pergelutan panjangnya dengan bisnis cafe yang sangat dinamis.

Keluarganya yang berasal dari tana Toraja memang punya perkebunan kopi, namun hanya Janny perempuan dalam keluarga besar mereka yang terjun langsung ke bisnis ini. Tidak berbekal pengalaman dalam industri food and beverage bukan halangan baginya  untuk melahirkan konsep menu, target pasar, pemilihan peralatan, interior, hingga manajemen operasional sehari-hari. Keputusannya memilih kopi Toraja dan membuka gerai di Mall Ambassador Jakarta berdasarkan perhitungan cermat bahwa lokasi ini banyak orang2 perkantoran yang akan memanfaatkan cafe sebagai tempat untuk singgah atau sekedar ngopi dan melakukan rapat. Peerkiraan yang kemudian tidak jauh dari harapan karena dari waktu ke waktu cafenya terus berkembang dan menjadi langganan  para ekpatriat dari Jepang yang dikenal sebagai konsumen kopi Toraja terbesar di luar Indonesia.

Dua tahun berikutnya Janny membuka gerai kopinya yang kedua di gedung Sentra Mulia, Kuningan Jakarta, namun sayangnya ia harus kehilangan gerainya di Mall Ambassador harus ditutup karena diambil alih pemiliknya. Selain di Sentra Mulia, Toraya Coffee juga bisa ditemui di lantai 3 Mall Cijantung, Jakarta Timur tempat saya berbincang dengan Janny yang kapasitas tempat duduknya sekitar 20 orang.

Sampai saat ini Janny meracik sendiri menu kopi di sini dan ia juga melakukan pengawasan ketat proses roasting kopinya yang sudah dilakukan di Jakarta yang sebelumnya harus dikirim dari Toraja. Lalu tidak tertarik dengan kopi dari daerah lain ? Saat ini Janny hanya ingin berkonsentrasi pada kopi Toraja dan mungkin tidak ada rencana untuk menambah kopi dari daerah lain sesuai dengan nama cafe-nya … Toraya Coffee.

* * * * *

13 replies
  1. Andis
    Andis says:

    Dengar Toraya Coffee, Saya jadi ingat dengan Ibu Margaretha Andi Lolo – Lethe. Prospek yg bagus untuk memperkenalkan kopi Toraja di Jakarta. Semoga sukses

  2. olivia
    olivia says:

    salam pak toni, uda 6 jam saya oprak oprek web ini, bner2 addictive!! saya jadi kepingin belajar maupun mendengar lebih banyak tentang the best way of drinking coffee and enjoying it. berhubung saya d australia, pakai apa untuk minum toraja coffee dengan alat yg simpel saja?? TERIMA KASIH.

    keep on the info, saya belajar banyak dari cikopi. GREAT JOB!

  3. Name (required)
    Name (required) says:

    Saya sudah merasakan hampir semua kopi yg berasal dr seluruh indonesia, terakhir kopi toraja, salah satu yg paling enak. Hope soon toraya cafe ada di denpasar.

  4. ina
    ina says:

    tempatnya jg keren….
    rasanya jg mantab…..

    apalg pelayanannya ramah2….
    krn rmh ina deket bgt sama mall cijantung,
    klo berkunjung kesana selalu mampir kesana…. 🙂

  5. ANDREE
    ANDREE says:

    Halo Mas Toni,

    Toraya Coffee jual Roasted been juga ga? Seperti Bel Canto Coffee. Thanks

    Salam,

    Andree

    Mereka jual bean-nya juga Mas. Coba aja kontak Janny.

  6. Michael
    Michael says:

    Wah, salut deh dgn orang daerah yang bangga dengan produk daerahnya.

    Saya sempat lewat di area restaurant-nya Sentra Mulia. Sempat “nengok” juga Toraya Coffee, cuma enggak mampir sih 🙁
    tempatnya rapi cuma memang audience di gedung Sentra Mulia harus bisa lebih dibidik lagi (maklum agak di basement).

    semoga sukses selalu utk Toraya Coffee dan Cikopi.

    Salam.

  7. andi sanaf
    andi sanaf says:

    Wah baru tau saya kalo di Graha Cijantung ada tempat ngupi enak … Secara rumah sy dekat dg Graha Cijantung dan sering kesana … thanx mas Toni atas infonya …

Trackbacks & Pingbacks

  1. vibiemme says:

    […] Mail (will not be published) (required) Website. Paradoxes only not to be taken seriously! …Toraya Coffee CikopiUnboxing : La Vibiemme Domobar Super Toraya Coffee. Published on March 5, 2010 in Saya ngopi di […]

Comments are closed.