Saeco Armonia

Perwakilan PT Saeco di Jakarta, sebuah perusahaan mesin kopi asall Italia meminta blog saya untuk  memberikan sedikit ulasan mengenai mesin espresso mereka. Jadilah mesin  tipe Armonia (harmoni dalam bahasa Italia) untuk keperluan di rumah yang  saya pilih. Alasannya sederhana, karena jenis mesin yang selain praktis, harganya cukup terjangkau bagi para penggemar kopi dibanding dengan mesin komersial untuk keperluan cafe.  Sebagai catatan. ini hanya sekedar walkthrough atau pengenalan singkat semata dari dua mesin espresso yang kami coba (tipe lain adalah Saeco Nina). Jadi untuk pertanyaan lebih detail pembaca boleh menanyakan langsung kepada perusahaan ini yang kontaknya saya sertakan di sini.

Saeco merupakan perusahaan Italia yang namanya sudah dikenal sejak tahun 1976. Saat itu mereka masih memproduksi mesin untuk keperluan pihak ketiga, jadi belum punya nama dagang sendiri. Pada tahun 1981  dua orang pionirnya Sergio Zapella dan Arthur Schmed mengibarkan bendera perusahaan  yang diberi nama Saeco yang memproduksi mesin  dengan nama Cosmec, tapi kemudian berubah menjadi Saecodi tahun 1999. Di tahun yang sama mereka terus berekspansi dengan mengambil alih perusahaan  “Gaggia” dan memantapkan namanya sebagai produsen mesin espresso di dunia internasional.

Mesin espresso yang sedang anda lihat merupakan lini pertama untuk kelas domestik yang dimensinya 22 cm x 27cm x 32mm (panjang, lebar tinggi). Material terbuat dari plastik ABS berwarna perak dan hitam dan mengkonsumsi daya listrik 950 watt serta berat 4 kg. Salah satu keunggulan mesin ini adalah sistem milk frothing yang mereka namakan Panarello, dimana tuas untuk steam-nya akan menyemburkan udara ke tiga arah sekaligus sehingga bisa menghasilkan butiran susu yang cukup halus untuk minuman latte atau cappuccino. Menurut perwakilan Saeco, mesin ini sudah digunakan untuk cafe kecil seperti pada waralaba Coffee Toffee selain untuk keperluan ruma tangga.

Bagi para pecinta kopi yang ingin menapaki hobi sebagai home barista, Saeco Armonia bisa menjadi awal untuk menikmati espresso, yang mungkin rasanya bisa anda modifikasi. Terlebih bila mempunyai grinder kopi dan bisa bereksperimen mencampur kopi arabika, robusta dari berbagai daerah atau negara sesuai dengan selera. Semoga foto2 di bawah sudah bisa menjelaskan profil  Saeco Armonia, sebuah mesin espresso yang akan menjadi sahabat para pecinta kopi.

“The best coffee is a cup of  java that you like”

* * * * *

12 replies
  1. Denny
    Denny says:

    Sekarang kisaran berapa ya pak harganya ?
    saya sih punya saeco armonia tapi kayaknya pengen cari satu lagi…. cuma susah sekali carinya….

  2. Michael
    Michael says:

    Saya kebetulan menggunakan mesin Saeco Armonia.
    Menurut hasil survey harga, Armonia adalah mesin dgn harga paling murah (utk merek Saeco).

    Mesinnya menurut saya bagus (selaras dgn harganya), hanya utk start awal harus agak sabar sebab air panas harus dipancing dulu agar bisa keluar.

    Menurut saya, hal ini dikarenakan mesin harus menyedot dulu air dari wadah, sebelum di panaskan.

    Jadi solusi dari saya adalah dengan menekan tombol espresso berulang-ulang dengan interval tertentu agar air cepat naik dari wadah ke elemen pemanas. Selain itu bisa juga dipancing dengan membuka keran steamer.

    Hi Michael … thanks for sharing. Sangat berguna tentunya bagi para pemilik mesin ini.

  3. budiman
    budiman says:

    Mas Toni,kalau mau beli di mana? Kapan diskon produk Saeco. Trims u ulasannya. Ciamik.

    Thanks Mas Budiman. Bisa hubungi Hendra di nomor tlp yang ada di posting ini. Minta diskon aja 🙂

  4. prast
    prast says:

    seperti biasa mas Tony, ulasannya singkat dan sangat amat padat….ini mesin udah masuk daftar belanja saya udah lah….tapi belum eksekusi juga, hahahaaa…. (ngarep ada yang mau nyumbang 😀 )

    Thanks Prast … jadi bener nih mau beli mesin espresso ?
    Grindernya sudah ada kan ?

    • prast
      prast says:

      mungkin lebih tepatnya “akan” beli mas, ngumpul budget dulu, hehe… ngemeng2 dibandingkan miss silvia apa komen mas tony??

  5. hendra
    hendra says:

    Halo Pak Toni, terima kasih atas dimuatnya Saeco di blog Bapak, sebuah penantian yang lama akhirnya…… Pokoke mantap

    Iya ini membayar hutang saya sejak di kejuaraan Barista 2009 kemarin. Terima kasih buat Saeco Indonesia.

Comments are closed.