bialetti3

Ini tulisan kedua (tulisan pertama Ngopi ala Alfonso Bialetti) mengenai alat kopi yang punya istilah banyak, caffettiera (Itali), Moka/Stove Pot, dan Espresso Pot. Apapun istilahnya alat sudah ada sejak tahun 1933 sejak Alfonso Bialetti mematenkan alat ini di Itali dan perusahaannya mendulang sukses akan penemuannya. Di Jakarta saya belum pernah menemukan barangnya, kecuali di sebuah swalayan alat2 pertukangan Eletronic City SBCD Sudirman Jakarta. Sayang barangnya tidak lagi saya temukan lagi setidaknya  untuk memenuhi harapan pembaca blog ini.  Pembaca yang menjadi pemasok alat ini boleh meninggalkan komen di sini untuk mempromosikan alat ini karena saat ini hanya Chandra Kurnia dari Sarang Kopi tempat saya membeli alat ini seharga 125 ribu.

BIALETTI2

Alat sederhana ini hanya terdiri dari tiga bagian penting yakni kontainer air di bagian paling bawah, filter kopi, dan terakhir adalah tempat kopi yang sudah jadi. Prosesnya sederhana dimana tekanan yang dihasilkan dari sumber panas akan membuat air menekan bubuk kopi di bagian filter. Air yang tertekan ke atas kemudian menyatu dengan kopi dan meneruskan proses ini menjadi kopi yng cukup pekat.

bialetti4

Alat buatan Bialetti yang saya posting terdahulu menggunakan elemen pemanas dengan tenaga listrik, sedangkan yang di foto ini harus di panaskan dengan kompor gas atau listrik. Karena dasarnya yang kecil maka perlu ditempatkan dudukan khusus agar Moka Pot ini bisa berdiri tegak apabila menggunakan kompor gas.

Proses pembuatan kopi dengan menggunakan alat ini untuk sebagian orang terasa agak merepotkan dibanding dengan cara seduh biasa. Namun demikian, bagi anda yang ingin menghasilkan kopi yang bisa membuat “termehek-mehek” alat ini bisa jadi alternatif dibanding mesin espresso yang harganya mahal itu. Kualitas alat yang saya beli tentu cukup lumayan walau masih jauh dengan produk asli dari Bialetti. Maklum karena harga produk Bialetti bisa berkisar antara 600-700 ribu saat saya membelinya ditahun 2004.

Sekali lagi, bagi siapa saja yang menjadi pemasok alat ini bisa meninggalkan pesan di sini karena blog ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mempromosikan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan kopi.

Salam dari dunia hitam 🙂

28 replies
  1. faned
    faned says:

    Tempo hari tidak sengaja beli Moka Pot merek PEDRINI di Bhinneka.com harga cukup murah untuk ukuran 3 cup masih dibawah Rp.200.000-,

    btw trims untuk Pak Toni telah “meracuni” saya dengan kopi lebih dalam 🙂

  2. adhitya pratama
    adhitya pratama says:

    Salam kenal di dunia hitam..saya adhit, dari kopi pancung braga,bandung..menantikan kehadiran kawan-kawan penikmat kopi..penyajian dengan gaya teadisional kalimantan barat dapat kawan-kawan niknati..info: 082121511189-adit…trima kasih bnyak.

  3. mujahid
    mujahid says:

    Dear pak toni,
    saya ingin menggeluti bisnis kopi, dmana saya bisa mendapatkan pemasok biji kopi dan alat2 pembuat kopi seperti yang pak toni post ini web ini..

    thanks
    mujahid

  4. indie
    indie says:

    tolong bantu informasinya y mengenai mesin espresso merk china yg harga tdk terlalu tinggi dgn kualitas lumayan dan bisa u produksi. tlng bnt dan tlng info kan k no. 02195880791, thanks…

    Yang merek China belum pernah nemu, mungkin yang lain bisa bantu ?

  5. Endang
    Endang says:

    Pak Ton, ini kan postingan tahun 2009, dan disebutkan bahwa barangnya tidak mudah ditemukan, apakah maksudnya yang bialetti asli ? Sekarang bagaimana, apa masih susah didapat ? Apa pak Ton tidak ingin memperbarui ulasan tersebut ?

  6. dhie
    dhie says:

    salam kenal dari serang – banten,

    tulisannya om toni luar biasa, it’s very inspiring me… oya om klo boleh tau kira2 kopi yang paling pas buat moka ini yang kasar atau halus dan klo tidak keberatan kasi tau brand kopinya…

    hatur nuhun pisan om….

  7. Name (required)
    Name (required) says:

    Kang Ariep

    Mantengin blog ini ,biar kata di rumah dan di temanin secangkir kopi tubruk …berasa di cafe banget..

    😛

  8. Joey Frost
    Joey Frost says:

    Saya ada di Malang, saya menemukan alat yang persis sama beberapa masa lalu (tepatnya sekitar satu bulan lebih) di salah satu tempat belanja di Malang, dan ternyata itu adalah caffettiera terakhir dari rasnya (di toko tersebut). Dan saya mengalami suka duka yang mendalam dengan alat itu. hal ini dikarenakan saya orang yang baru mencoba menyukai kopi kembali (sering sakit kepala setelah meminum kopi tertentu, dan itu cukup memberi trauma) walhasil saya biasa menjadikannya Cappuccino (dengan hasil yang cukup memuaskan) pengalaman buruknya adalah ketika saya kekurangan susu, dan saya coba meminum seadanya, saya terdampar di kasur seharian, dengan kepala berkunang-kunang dyang diikuti grafis berputar-putar (dan diikuti rasa pahit “espresso” yang masih tertingal di mulut saya, walaupun sudah sikat gigi, mouthwash) Sekarang saya masa recovery atas trauma tragedi “espresso”, ketika nanti kondisi saya 100% saya siap bertualang dengan cappuccino pribadi saya dan akan membagi dengan orang terdekat saya cappuccino resep saya sendiri.
    Terima kasih atas perhatiannya

  9. Patrick
    Patrick says:

    Cari BEALETTI asli, call 021 32100689, jangan tertipu. Banyak mokapot product china dengan merk Bealetti or Italy.

  10. Henry
    Henry says:

    Salam Kenal,

    Saya bekerja di official distributor untuk Bialetti di Indonesia. Kami sudah mendistribusi coffee maker dan cookware Bialetti sejak sekitar 2 tahun lalu. Saya sendiri punya Moka Express 4 cup dan Mukka Express 2 cup set yang bermotif totol sapi. Unik banget sih 🙂

    Memang Bialetti saat ini cukup eksklusif dicarinya tetapi mudah2an kedepannya, para pecinta kopi sejati bisa lebih mudah mencari produk2 Bialetti dan merasakan istimewanya kopi buatan Bialetti.

    Bila para penggemar Bialetti atau sekedar yang ingin bertanya seputar produk2 Bialetti, silakan hubungi saya di henry.autoaccindo@gmail.com.

    Salam kenal semua!

  11. samba
    samba says:

    saya sedang mencari bialeti yg tipe brikka klo di bandung dmn ya?? mgkn ada yg tau, tmn saya yg di jatim lg nyari2 dan katanya di bandung ada..saya sendiri di bandung tidak tau hrs mencari kmn??? klo ada yg tau tlg dishare donk..harganya kira2 kisaran brp ya??thanks

    Di Bandung Super Mall (BSM), tepatnya di Metro bagian alat rumah tangga.

  12. levi
    levi says:

    untuk yang di jakarta, Bialetti buka lapak di Metro/Sogo (?) Plaza Senayan dan Pacific Place, bagian home appliance. semoga membantu

  13. Avy
    Avy says:

    buat area surabaya, yang pengen beli moka pot bisa hubungi saya dilink web site partner saya.

    Salam buat yang punya website, salam dunia hitam.

    saya lagi meracik kopi neh.
    yang kedepannya akan saya jual.

    tapi yang butuh bubuk kopi Java Blend Arabica- Robusta juga bisa pesen ke saya.

  14. Luftran K
    Luftran K says:

    Me and some of my friend have done a blind tasting at La Tazza using Bialetti’s Moka Pot against Forever’s Moka Pot.. Hasilnya, kami sepakat bisa merasakan ada rasa logam atau besi yang cukup mengganggu di salah satu produk 😉

  15. Rian Awi
    Rian Awi says:

    Salam kenal dari Jogja Mas Toni,

    Blognya asyik dan foto-fotonya mantab. Semantab kopi yang dibikin pake moka pot. Saya baru aja beli moka pot dari Mr Chandra Sarang Kopi. Cuma belum terlalu menguasai tekniknya. Bikin pertama terlalu pahit, yang kedua terlalu asem. Ada tips supaya rasanya pas?

  16. Johny Buram
    Johny Buram says:

    emang sih kalo di sini Bialleti harganya mahal, di jakarta kalo ga salah udah ada distributornya, cuma lupa dimana pastinya, daerah cideng kalo ga salah, cuma di gerai2 metro department store bagian alat2 dapurnya udah Bialetti ini udah banyak kok yang jual, dengan berbagai tipe juga ukuran, cuma kalo cuma mau moka press doang sih ..wah jangan deh, mahal mending beli sama Chandra diatas atau di ranch market, kecuali mau beli yang tipe Brikka atau Mukka Express yg bisa espresso..bialleti boleh jadi bahan pertimbangan.

  17. Eric Bonkhz
    Eric Bonkhz says:

    “Namun demikian, bagi anda yang ingin menghasilkan kopi yang bisa membuat “termehek-mehek” alat ini bisa jadi alternatif dibanding mesin espresso yang harganya mahal itu. ”
    The best line!!!
    another nice article from Mr. Toni ^^

    Thanks Eric, salah seorang penggemar alat ini.

  18. Yoga
    Yoga says:

    Salam dari dunia hitam 🙂

    Dunia hitam yang wuenak… 🙂

    **

    Mas Toni, foto-fotonya bagus banget. Pemilihan backgroundnya menarik sekali, apalagi yang menggunakan background garis-garis biru. Apakah bisa dijelaskan lebih detail mengenai kualitas espresso yang dihasilkan dibanding dengan produk Bialetti asli? Rupanya pameo, ada harga ada rupa juga berlaku ya?

    Bialetti hanya unggul dalam craftsmanship, tapi untuk maslaah rasa sama saja Yoga.

Comments are closed.